7 TEMPAT WISATA EKSOTIS SEMARANG

Jul 10 2018

7 TEMPAT WISATA EKSOTIS SEMARANG

Berbicara tentang wisata di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Kali ini kita akan membahas sedikit tentang wisata di Indonesia, terutama di Kota Semarang. Kota yang terkenal akan makanan lumpia ini memiliki tempat wisata yang unik dan mungkin Anda belum tahu. Tempat wisata di Semarang memang lebih banyak bertipe wisata rohani, namun tidak sedikit terdapat wisata alam dan wisata edukasi. Silahkan di simak beberapa tempat wisata eksotis di Kota Semarang.

Kota Lama Semarang

Seperti namanya Kota Lama, bangunan yang ada di kawasan ini dibangun pada jaman Belanda. Sehingga mempunyai nilai seni yang tinggi. Lokasinya terletak pada Semarang bagian utara, dulu tempat ini disebut juga “little Netherland”. Bangunan yang ada di kawasan ini menyerupai bangunan Eropa tahun 1700-an, pintu yang besar, kaca – kaca yang bewarna warni sehingga terkesan unik bagi orang jaman sekarang.

Pada kawasan Kota Lama Semarang, Anda dapat menemukan beberapa spot menarik untuk foto, Anda juga dapat bersantai dengan menikmati makanan di cafe – cafe yang bernuansa jaman Belanda. Apabila yang menyukai barang – barang antik, di lokasi ini juga terdapat pasar barang antik. Terdapat juga taman yang dapat Anda gunakan pada siang hari untuk mendinginkan badan ( Semarang hawanya panasss bro ), namanya Taman Sri Gunting. Yang mau wisata rohani juga bisa, ada Gereja Blenduk. Intinya, di kawasan Kota Lama, Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman dengan melakukan berbagai hal menyenangkan ^^

Info lengkapnya bisa langsung disimak Kota Lama, Semarang

 

klenteng-tay-kak-sie

Klenteng Tay Kak Sie

Semarang dikenal juga dengan wisata religius nya. Salah satunya yakni Klenteng Kak Sie. Lokasi nya ada di daerah pecinan di Semarang. Klenteng ini didirikan pada tahun 1746, nama Tay Kak Sie tertulis pada papan nama besar di pintu masuk Kelenteng, dengan catatan tahun pemerintahan Kaisar Dao Guang  1821 – 1850 dari Dinasti Qing adalah nama yang berarti “Kuil Kesadaran Agung”.

Klenteng Tay Kak Sie masih aktif digunakan bagi umat beragama Konghucu. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini bukan bertujuan doa, Anda dapat memanfaatkan tempat ini sebagai lokasi berfoto – foto. Bangunan Klenteng ini memiliki arsitektur yang baik, walau umurnya sudah tidak muda lagi, namun masih terawat dengan baik. Samping Klenteng ini juga ada Lumpia Gang Lombok, yang merupakan salah satu toko lumpia yang paling terkenal di Semarang, antri nya sampai berjam – jam lhoo..

Info lengkapnya bisa langsung disimak Klenteng Tay Kak Sie

Kampung Pelangi Semarang

Wisata yang terhitung masih baru di Kota Semarang, mungkin teman – teman belum pernah dengar yah. Kampung Pelangi dulunya adalah sebuah perkampungan yang mungkin bisa di katakan agak kumuh ini terletak di dekat Tugu Muda Semarang. Pemerintah Semarang yang ingin menghidupkan pariwisata di kota tersebut lalu memberikan dana untuk pembangunan kampung tersebut. Dan alhasil menghasilkan destinasi wisata yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kampung Pelangi ini memiliki keunikan dari segi warna yang mencolok warna – warni. Bagi warga Semarang yang melintasi daerah ini pasti akan mengalihkan perhatian mereka sejenak karena warna yang tidak biasa ^^. Bagian depan Kampung Pelangi merupakan tempat berjualan bunga, dalam Kampung Pelangi Anda dapat menikmati pemandangan (spot foto) yang unik. Terdapat juga warung makan yang disediakan oleh penduduk setempat. Warung yah bukan resto lo, jadi hanya menjual makanan instan saja. Terdapat juga Taman Kasmaran di Kampung Pelangi, namanya saja Taman Kasmaran, yang datang bawa pacar yah atau TTM juga boleh hehe.

Info lengkap nya bisa langsung disimak Kampung Pelangi

Gua Kreo

Salah satu tempat wisata yang masih alami di Semarang yah. Gua Kreo merupakan gua yang terbentuk dari alam, letaknya di tengah – tengah Waduk Jatibarang. Dulunya gua ini pernah digunakan oleh Sunan Kalijaga untuk bertapa, dipercaya terdapat tiga monyet gaib yang bertugas menjaga hutan tersebut. Hingga saat ini Gua Kreo masih ditinggali banyak monyet lho.

Di tempat wisata ini Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga atau rekan Anda, banyak hal yang bisa dilakukan di destinasi wisata ini. Negeri di atas awan, namanya keren yah, seperti namanya Anda dapat berfoto seperti di atas awan nih. Selain itu Anda juga dapat mengabadikan moment bersama monyet – monyet di Gua Kreo, siapa tau mirip (hehe bercanda yah ^^). Hawa yang sejuk dan masih alam banget cocok bagi Anda yang menyukai wisata di luar perkotaan.

Info lengkap nya bisa langsung disimak Goa Kreo

Lawang Sewu Semarang

Wisata yang sangat terkenal di Semarang nih, cocok untuk yang sedang mencari pengalaman berwisata yang unik. Seperti namanya, karena banyak nya pintu yang terdapat di bangunan ini maka disebut Lawang Sewu (walau aslinya tidak sampai seribu pintu). Sejarah Lawang Sewu nggak lepas dari sejarah perkeretaapian di indonesia karena dibangun sebagai Het Hoofdkantoor Van de Nederlandsch – Indische Spoorweg Maatscappij (NIS), yaitu perusahaan kereta api swasta di masa pemerintahan Hindia Belanda yang pertama kali membangun jalur kereta api di Indonesia dan menghubungkan Semarang dengan “Vorstenlanden” (Surakarta dan Yogyakarta)

Di Lawang Sewu Anda dapat mendapatkan banyak spot foto menarik. Arsitektur bangunan ini unik sehingga cocok bagi Anda pencinta fotografi. Selain itu Lawang Sewu terkenal dengan wisata malam nya. Bukan “wisata malam” yang aneh – aneh yah, Lawang Sewu dipercayai warga sekitar berhantu. Karena Lawang Sewu merupakan saksi bisu dari kekejaman penjajahan Belanda di Indonesia. Apabila Anda tertarik untuk membuktikan kebenaran cerita tersebut, Anda dapat datang ke Lawang Sewu malam hari (malam hari juga tetep indah lo bagi yang mencintai fotografi).

Info lengkap nya bisa langsung disimak Lawang Sewu

Puri Maerokoco

Disebut juga Taman Mini Jawa Tengah Indah, merupakan salah satu taman dari PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah. Taman Mini Jawa Tengah Indah ini menyimpan rumah adat – rumah adat yang disebut anjungan dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Dalam nya terdapat kerajinan yang di hasilkan dari masing – masing daerah tersebut.

Tempat ini cocok bagi Anda yang menyukai wisata edukasi, dimana Anda dapat belajar berbagai macam rumah adat yang ada di Jawa Tengah. Selain itu terdapat juga spot foto yang menarik untuk diabadikan. Ada juga tempat bermain bagi anak – anak, jadi Anda tidak perlu kawatir apabila ingin mengunjungi tempat ini bersama keluarga Anda.

Info lengkap nya bisa langsung disimak Puri Maerokoco

 

Klenteng sam Poo Kong - sukanyasar

Klenteng Sam Poo Kong

Merupakan tempat persinggahan dan pendaratan pertama seseorang Laksamana asal Tiongkok beragama Islam yang bernama Cheng Ho. Klenteng ini disebut juga Klenteng Gedung Batu Sam Poo Kong. Nama Gedung Batu berasal dari bentuknya yang menyerupai gua besar yang terletak di sebuah bukit batu. Menurut cerita yang ada, dulu Laksamana Cheng Ho mendarat di laut utara Semarang karena awaknya banyak yang sakit. Disana dia mendirikan sebuah Masjid, yang saat ini menjadi Klenteng Sam Poo Kong.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat ini, tidak perlu harus berdoa. Anda dapat berfoto sambil menghabiskan waktu dengan melihat – lihat bangunan unik dari klenteng ini. Bagi Anda yang berkunjung ingin berdoa juga bisa, karena klenteng ini masih aktif digunakan.

Info lengkap nya bisa langsung disimak Klenteng Sam Poo Kong

 

Sementara sekian dulu info tempat wisata Semarang, masih banyak destinasi unggulan di Semarang yang mungkin Anda belum tahu. Untuk info wisata dan kuliner daerah lain nanti akan kita bahas satu persatu juga yah. Semangat Wisata, Indonesia Hebat ^^

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.