Kopi Klothok, Menikmati Nuansa Jawa dan Dinginya Kaliurang

Jul 28 2017

Kopi Klothok, Menikmati Nuansa Jawa dan Dinginya Kaliurang

Sore menjadi moment yang selalu ku tunggu jika libur seperti ini, menjadi waktu mencari tau yang unik, khas dan enak dijogja, kota dengan nuansa budaya jawa dan kearifan lokal yang sangat kental. Kali ini kita akan menepi ke jogja bagian utara, tepatnya di daerah pakem, kaliurang untuk menikmati sajian sore yang enak yaitu Kopi Klothok.. menurut rekomendasi teman teman hhe.

Kopi KlothokKopi Klothok, begitu mereka menyebutnya. Berlokasi di Jl. Kaliurang KM.16, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (tempatnya agak kedalam) menjadi tujuan. Memacu kendaraan ke sebelah utara, melihat ramainya kota ini menjelang malam, dan merasakan romantisme jogja di sisi lainnya. Memasuki daerah kaliurang udara berubah, rasa dingin mulai hinggap di dekujur tubuh, pantas lah karena kaliurang adalah kaki guung merapi yang menjadi batas Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Akhirnya kami sampai di Kopi Klothok nan terkenal ini. Barisan mobil dengan plat luar menyambut kami, wah rame juga pikirku. Kami mulai masuk, dan jeng jeng jeng potret rumah kopi yang satu ini unik sekali, saat kita masuk kita langsung menuju dapur (pawon bahasa jawanya) wiss sedap sekali. Disini masih mengunakan tungku tradisional dan tentu kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Pramusaji hilir mudik, dan ternyata disini bukan cuma kopi tapi kalau mau makan pun ada . Terlihat sepintas ada telur, lalu sayur brongkos, sayur lombok ijo, ayam bacem, tempe dan tahu bacem tersaji di meja makan. Nasi nya ambi sendiri ya hehe.

Wah jadi laper … tanpa pikir panjang sikat hehe, lalu kami pilih tempat duduk yang ternyata penuh semua. Tapi jangan sedih dulu kita bisa makn di halaman dengan lesehan dan pemandangan swah dihiasi jingga. Bentuk dan nuansa dari Rumah Kopi klothok adalah joglo khas jawa yang membuat bener bener terasa di Jogja. Lanjut pesanan kami datang yaitu kopi klothok dan pisang goreng yang katanya enak banget,

Pisang goreng di kopi klothok ini gak boleh dibawa pulang lho, alasannya ? kurang tahu hehe. Untuk segelas kopi diharga mulai Rp 5000 dan pisang goreng satu porsi (isi 2 biji) harga mulai Rp 6000 . Yang bikin makin enak aalah disajikan masih panas .. ajib. Sambil melihat sore, kopi klothok menjadi tempat yang cocok untuk ngumpul dan berbincang bersama keluarga dan rekan kerja. Yang jelas rekomen banget tempat ini hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.