Mengagumi Keindahan Kota Lama dikala Senja

Jun 29 2018

Mengagumi Keindahan Kota Lama dikala Senja

Disemarang, Kota Lama merupakan sebuah situs peninggalan kolonial belanda yang menyajikan bangunan-bangunan bersejarah diabad 19-20.

Kawasan kota lama yang kurang lebih luasnya adalah 31 Hektar, kini telah dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang menyajikan pemandangan ala eropa yang didapat dari susunan bangunan dan suasana kuno ditempat ini. Banyak tempat wisata baru yang dikembangkan pemerintah kota semarang didaerah ini, juga banyak bangunan lama yang digunakan sebagai tempat usaha tanpa merubah desain dari bangunan tersebut. Jadi, nuansa kuno dan bersejarah tetap tersaji dengan rapi disertai dengan tempat-tempat wisata baru yang turut meramaikan wilayah ini.


Suasana sore yang sepi, dihiasi dengan lampu-lampu kuno dari tiap bangunan disini menambah kesan temaram dan teduh sehingga suasana santai tanpa beban bisa kita dapatkan ketika berjalan-jalan disetiap sudut daerah ini. Beberapa cafe yang berdiri disini juga memiliki suasana ala eropa dengan masih menggunakan bangunan yang ada, termasuk salah satunya retro cafe, sebuah cafe yang berada dikawasan kota lama ini menggunakan lampu kuning yang menambah suasana retro dan kuno, di dalamnya juga terdapat beberapa koleksi kendaraan tempo dulu yang bisa digunakan sebagai latar belakang selfie. instagramable banget memang kawasan kota lama ini.


Sekarang kawasan ini juga sudah banyak berkembang, ada museum 3d, ada taman srigunting, taman kota lama, beberapa resto dan cafe. Sungguh kawasan ini memang merupakan paket all-in bagi yang ingin menghabiskan waktu menghilangkan penatnya hari.

Bagi yang dari luar kota semarang, tidak perlu takut jika kamu nyasar ketika berjalan-jalan didaerah ini, setiap sudut Kota Lama ga kalah cantik kok dengan apa yang ada difoto. bangunan-bangunannya seragam dan memiliki nuansa eropa yang kental sekali. Sedangkan untuk mencapai kota lama sendiri ada beberapa akses jalan masuk, salah satunya dari pasar johar, sedangkan yang dari stasiun tawang bisa melewati jalan merak kemudian masuk ke jalan letjen suparno untuk mencapai tempat ini.

2 Comments

  • Denny Juni 29, 2018 at 3:32 pm

    Kota lama atau kota tua sih sebutannya? Dekat dengan stasiun tawang ya

    Reply
    • Suka Nyasar Juni 29, 2018 at 3:38 pm

      Disemarang sendiri tempat ini lebih terkenal dengan nama “Kota Lama” walaupun kadang ada juga yang menyebut Kota Tua, tetapi karena nama “Kota Tua” lebih indentik dengan “Kota Tua Jakarta” maka kebanyakan lebih mengenal tempat ini sebagai Kota Lama.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.