Mengejar Kabut Mangunan Di Kabupaten Bantul

Jul 27 2017

Mengejar Kabut Mangunan Di Kabupaten Bantul

Kebun Buah Mangunan, terletak di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Awal perkenalanku dengan Mangunan cukup unik yaitu berburu kabut di pagi hari. Seperti biasa kegiatan mengenal kota Jogja kepenjurunya adalah kesempatan yang langka, pagi itu bersama kedua temanku kami mencoba mengejar pagi dan kabutnya di kebun buah mangunan.

Kebun Buah MangunanBangun subuh dan kita mulai perjalanan, dari Jogja utara menuju Jogja selatan. Mengerus dingin nya pagi yang mungkin tak sedingin ini kemarin. Mengunakan jaket tebal terasa sama saja, menyusuri Jogja dipagi buta, anggapanku sepi ternyata sudah ada beberapa rombongan panjual sayuran dan pedagang yang berbagi jalan denganku. Juga beberapa bapak bapak dengan seragam PNS yang sudah berangkat sepagi ini. Mengesankan..

Terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kebun Buah ini melewati beberapa tanjakan tajam dan kelokan, kemudian kita akan melewati hutan pinus yang menambah dingin nuansa. singkat cerita kami sampai di gerbang masuk kebun buah yang ternyata belum ada yang jaga, apakah sepagi ini kami datang?

Sekedar info lokasi ini mulai dibangun oleh Permerintah Kabupaten Bantul pada Tahun 2003 di atas seluas 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut lho . Titik ketinggian tersebut membuat kawasan Kebun Buah Mangunan memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu dan yang jadi spesial nya adalah pemandangan kabut yang menyelimuti sungai Oya dari ketinggian. Sebenarnya jam buka untuk Kebun Buah sendiri adalah jam delapan pagi, tapi untuk gardu pandangnya bisa dong lebih pagi lagi hehe..

Fasilitas pun tergolong lengkap seperti Outbond, Flying fox,Jembatan goyang, Bumi perkemahan, Penginapan, Reflying, Ruang pertemuan, Kolam renang anak-anak, Lahan pembelajaran pembibitan tanaman, Pembelajaran pembuatan pupuk, Lokasi untuk melamun, Aneka tanaman buah dan tanaman hias. Yang kita tuju kali ini adalah gardu pandangnya. Biaya masuk sendiri adalah Rp 5000/orang. Murah banget kan ?

Setelah sampai atas dan memarkirkan kendaraan kita jalan menyusuri rute yang ada menuju gardu pandang yang ternyata jalannya kebawah. Beberapa gazebo disediakan oleh pengelola, warung warung berjajar dan tentu toilet. Lengkap deh pokoknya. Kami duduk duduk di gazebo, sinar matahari mulai menyelinap lewat sela sela daun yang rimbun, cahayanya membuat kabut pergi. Ini yang kami tunggu melihat kabut bagai aliran air yang deras, menggagumkan sekali…

Pondok Kabut Mangunan

Udara dingin perlahan lahan menepi, melihat pemandangan nan elok sambil ngopi pun tak terelakkan. Betah sekali berlama lama disini, lalu beberapa rombongan datang untuk menikmati Kebun Buah Mangunan. Dan akhirnya tempat sepi ini berubah menjadi lautan manusia hehe, saran saja jika ingin mengunjunggi Kebun Buah Mangunan pastikan kamu tau cuaca dan waktu karenabisa bisa kamu gak dapet apa2 disini mau foto pun putih semua, kabut semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.