Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta

Jul 19 2017

Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta

Yogyakarta, sebuah kota dengan rindu didalamnya. Seperti kita melihat masa lalu, seperti kita melihat bagaimana budaya dan perkembangan jaman yang saling berdampingan satu sama lainya. Museum Benteng Vredeburg menjadi saksi bisu yang dapat kita lihat hari ini, terletak di Jantung kota Yogya menegaskan pentingnya benteng ini dijaman nya . Mengunjunginya seperti memasuki lorong waktu, merekam jejak jejak perjuangan dulu, dan menumbuhkan rasa cinta pada tanah yang terlalu indah ini.

museum benteng vredeburg

Museum Benteng Vredeburg berlokasi di Jl. Margo Mulyo / Jl. A. Yani No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, jika dari arah malioboro Benteng ini terletak di ujung jalan sebelah kiri.. berdekatan dengan titik nol kota Yogyakarta. Di pusat keramaian, di pusat budaya, Museum Benteng Vredeburg menunjukan Yogyakarta sebagai kota perjuangan melawan penjajah dan saksi merdekanya Republik Indonesia.

Siang itu Yogyakarta lebih teduh dari biasanya, menumpas rasa bosan dikontrakan karena  libur kuliah dan tidak ada kerjaan pula, akhirnya menelfon teman . Yups tidak lain tidak bukan kita janjian ke Museum Benteng Vredeburg. Berwisata sekaligus mengenal sejarah Yogyakarta dimasa penjajahan, maklum seumur umur di Yogyakarta belum pernah main ke Vredeburg.

Singkat Cerita kita berangkat, menyusuri Yogya yang mulai padat. Setibanya di Benteng Vredeburg kita beli tiket masuk dulu, sangat sangat terjangkau yaitu Rp.2000 untuk dewasa dan Rp1000 untuk anak anak. Biaya masuk sama parkir besaran parkir deh wkwkwk . Di Museum Benteng Vredeburg terdapat banyak sekali foto, beberapa peralatan dan aksesoris seperti pedang, mesin ketik, dan alat foto jaman kolonial. Juga terdapat diorama berbagai moment yang terjadi saat itu. Beberapa patung yang mengambarkan perjuangan penduduk mengusir penjajah juga ada.. lalu beberapa layar interaktif di beberapa sudut ruangan bisa kita akses untuk penjelasan sejarah secara digital dan inovatif.

museum benteng vredeburg

Museum Benteng Vredeburg juga mawarkan spot spot foto yang menarik dengan latar bangunan lama benteng dengan arsitektur kolonial yang kental. Terdapat pula ruangan film , dimana kita bisa melihat perjuangan dahulu dengan visualisasi… dan ini gratis lo jadi jangan sia siakan pengalamannya.

Museum Benteng Vredeburg buka Setiap hari kecuali hari senin dari jam 8 pagi sampai 5 sore, Di sini kita juga bisa menikmati suasana tenang dan nyaman, jika ingin kita bisa berkeliling dengan sepeda yang disewakan pengelola. kalau aku milih duduk duduk santai sambil ngemil ngadem dari hiruk pikuk Yogya yang semakin hari semakin metropolis ini. Jadi selamat mencoba wisata murah nan meriah yang mengedukasi ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published.