Pantai Seruni, Pasir Putih Nan Eksotik

Jul 19 2017

Pantai Seruni, Pasir Putih Nan Eksotik

Pantai Seruni, Pantai baru yang mulai naik daun di sepanjang garis pantai Gunungkidul. Bagaikan seorang gadis remaja, pantai seruni yang memiliki pasir putih ini sedang dalam masa cantik cantiknya. Tanpa bangunan yang berjubel, tanpa keramaian wisatawan, merupakan tempat pelarian dari berbagai masalah hiruk pikuk pekerjaan dan hubungan yang masih gitu gitu aja.

Semua bermula saat teman teman mencoba mencari pantai dengan tingkat kesunyian tinggi beberapa tahun lalu, akhirnya kami mulai berangkat menyusuri jalan sepanjang pantai. Tujuan awal adalah mengorek informasi di pantai pok tunggal yang kala itu masih ada pohon yang iconik di seberang jalan masuk. Tapi kami melihat gadis yang lebih cantik dari pok tunggal… yupss sebelum sampai pok tunggal kita akan menemui persimpangan, karena penasaran akan kemana dibawanya, kami putuskan ambil kiri dipersimpangan.. bukan arah pok tunggal.

Jalanan sangat sangat tidak nyaman, masih berupa batu yang hanya ditata seadanya dengan ketinggian yang berbeda beda .. sampai belum lama ini kesana masih sama saja keadaannya, cuma di beberapa tanjakan sudah di conblok. Jadi persiapkan kendaraan kamu jika tidak ingin macet di tengah tengah sawah dengan jalan batu.Katanya Pantai seruni merupakan pantai pasir putih dengan matahari tenggelam yang elok, coba kita lihat nanti ya heehe . Setelah mengarunggi jalanan yang kadang membuat kami berkata kotor ini, pemandangan laut nampak dari kejauhan. Makin kami memacu kendaraan … ini surga yang nyata pikirku .

Sebelum mendarat di tepian pantai kita akan menuruni bukit dengan medan yaa sebelas dua belas samanya dengan yang tadi. Hati hati jika tidak ingin tergelincir karena material krikil kecil kecil cukup banyak berserakan. Setelah menuruni bukit kita bisa parkir kendaraan ditepian bukit atau dibawa kebawah ke pasir putih yang sudah mengoda.

Menyusuri seruni , merasakan pasir putih dan deburan ombak yang membasahi kaki kaki kami. Matahari masih saja terik, diseruni ada beberapa warung saja . Mungkin penduduk sekitar yang sudah tau potensi dari pantai nan cantik ini. Disebelah Timur jika air surut kita bisa berjalan di tepian .. disana ada sebuah air terjun . Tidak deras tapi lumayan lah untuk bersenang senang .. dibawah air terjun pun ada goa tapi tidak terlalu dalam . Hati hati jika ingin menyusurinya, pastikan air laut tidak pasang, bisa bisa terjebak disitu deh ..

Di sebelah Barat pantai seruni masih dihiasi karang karang khas pantai gunungkidul, nuansa romantis pun tersaji tak kala matahari mulai menjingga menebarkan setengah sinarnya. Pantai seruni pun sangat cocok untuk kegiatan berkemah atau sekedar ingin menikmati suasana pantai yang hening, tanpa bising, mendekatkan diri dengan alam, dan mencoba keluar dari rutinitas yang pelik ini .

Hari mulai gelap, karena niat kami hanya berkunjung tidak untuk menginap maka kami putuskan untuk berkemas. Sebelum pulang isi  perut dulu demi perjalanan yang berenergi haha. Mie rebus, kopi, dan beberapa cemilan . Sambil menatap laut yang sudah mengelap, dan cahaya senja yang makin kebarat kami pulang… dengan harapan pantai secantik ini jangan dikotori, semoga bisa menjadi lahan kehidupan untuk masyarakat sekitar dan untuk pemerintah semoga tergerak hatinya membuat akses jalan yang lebih manusiawi untuk wisatawan, karena pantai seruni ini penuh potensi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.