Pesona Laut Selatan dari 8 Pantai GunungKidul

Jul 11 2018

Pesona Laut Selatan dari 8 Pantai GunungKidul

Pesona Indonesia tidak dipungkiri lagi, kali ini saya akan membagikan beberapa tempat wisata di Yogyakarta, terutama di Gunung Kidul. Gunung Kidul merupakan Kabupaten di Yogyakarta yang memiliki destinasi wisata pantai tidak kalah dari pantai – pantai di Bali. Setiap pantai memiliki kelebihan masing – masing, mari di simak beberapa pantai di Gunung Kidul yang layak untuk di kunjungi

 

Pantai Siung

Pantai ini terletak di Kec.Tepus. Dari pusat kota Yogyakarta, anda dapat mencapai destinasi wisata ini dengan menempuh jarak kurang lebih 80km. Perjalanan ke lokasi pantai ini akan memakan energi ekstra, karena jalan yang berlika liku dan naik turun. Namun tenang, apabila sudah sampai lokasi Pantai Siung, semua akan terbayarkan, dengan bersantai di pantai pasir putih sambil mendengarkan deburan ombak.

Di Pantai Siung, fasilitas yang tersedia tidak begitu banyak, karena tergolong masih agak tersembunyi. Namun untuk makan dan toilet sudah ada koq, jadi Anda tidak perlu kawatir. Pemandangan yang indah di pantai ini dapat Anda maksimalkan melalui atas bukit yang berada di sebelah timur pantai ini. Untuk fotografi cocok sekali karena pantai ini masih terhitung pantai yang alami. Ada lagi yang menarik di pantai ini, yakni batu karang yang besar terletak di barat dan timur pantai ini, jika dilihat akan menyerupai gigi kera (siung wanara) maka pantai itu disebut Pantai Siung.

Dipantai ini terdapat area panjat tebing yang sudah terkenal juga lo, katanya sih terbaik di Indonesia (panjat tebing pantai). Selain itu ada camp ground juga bagi yang ingin merasakan nikmatnya bersatu kembali dengan alam. Berkemah di pasir putih pinggir pantai ^^

Info lebih lanjut dapat Anda simak di Pantai Siung

 

Pantai Krakal

Salah satu pantai unik di Gunung Kidul, Pantai Krakal. Asal mula Pantai Krakal menurut warga sekitar, dulu lokasi ini berada di bawah laut, dengan proses alam pergerakan kerak bumi, dengan berjalannya waktu maka terbentuklah Pantai Krakal. Pantai ini terkenal dengan batu karang – batu karang nya. Jumlah yang cukup banyak menghiasi pantai menjadikan pantai ini unik.

Di Pantai Krakal Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dari matahari tenggelam. Bagi para foto hunter akan dapat memanfaatkan moment ini sehingga menghasilkan foto yang berseni. Di pantai ini juga anda dapat menikmati olahraga air surfing. Anda juga dapat melihat aktifitas nelayan sehari – hari di pantai ini, merupakan hal yang menarik untuk diamati bagi yang sehari – hari beraktifitas di kota besar.

Info lebih lanjut dapat Anda simak di Pantai Krakal

 

Pantai Jungwok

Pantai ini masih agak terpencil, dan jarak nya pun jauh dari pusat kota Yogyakarta. Mungkin itu alasan kenapa pantai ini agak sepi pengunjung di banding pantai di Gunung Kidul lain nya. Namun, itulah salah satu yang menjadi daya tarik pantai ini, serasa pantai punya sendiri ^^. Fasilitas di pantai ini juga masih sangat minim, karena kurang nya minat dari pengunjung.

Alami dan tenang, adalah perasaan yang dapat Anda rasakan saat mengunjungi pantai ini. Rumah penduduk yang masih dapat dihitung jari, pengunjung yang masih tidak banyak. Di pantai ini terdapat 3 batu karang besar di tengah pantai yang digunakan penduduk sekitar memancing. Sunrise di tempat ini juga salah satu yang terbaik di antara pantai di Gunung Kidul lainnya. Di pantai ini Anda juga dapat berkemah di hamparan pasir putih, menyalakan api unggun sambil menikmati deburan ombak pantai pada malam hari.

Info lebih lanjut dapat Anda simak di Pantai Jungwok

 

Pantai Wediombo

Dalam bahasa Jawa, dapat diartikan “pasir besar”, namun pantai ini sebagian besar merupakan batu karang. Namun karang yang bertaburan di pantai ini adalah yang menjadikan daya tarik bagi para wisatawan sendiri. Pantai ini memang dapat disebut alam perawan karena keindahan yang masih alami.

Ada yang unik di destinasi wisata ini, yakni kolam renang alami. Kolam ini terbentuk dari lekungan batu karang, dan airnya langsung dari air lautnya. Sulit dijelaskan dengan kata – kata, baru kali ini saya pribadi melihat keunikan semacam ini ^^. Di pantai ini Anda dapat menikmati sunset yang indah, bermain surfing atau hanya sekedar berenang, menikmati pemandangan indah dari karang – karang di pantai ini, memancing bagi mancing mania, dan melakukan camping. Fasilitas tempat ini sudah cukup lengkap jadi Anda tidak perlu kawatir apabila ingin menghabiskan waktu di pantai ini bersama keluarga maupun rekan.

Info lebih lanjut dapat Anda simak di Pantai Wediombo

 

Pantai Watu Lumbung

Tak bisa dipungkiri Gunung Kidul merupakan surga bagi para pencinta pantai. Berbagai tipikal pantai dengan kelebihan masing – masing ada di Gunung Kidul, salah satunya adalah Pantai Watu Lumbung.  Pantai ini berbeda dengan pantai tetangga nya yang berhamparan pasir putih, Pantai Watu Lumbung terdiri dari batu karang – batu karang. Nama pantai ini menurut warga karena ada nya batu di tengah pantai yang menyerupai lumbung. Asal mula pantai ini diceritakan hasil dari letusan gunung merapi jutaan tahun yang lalu.

Ciri khas pantai ini yakni memiliki 2 batu besar di tengah pantai. Indah saat melihat sekeliling pantai ini masih dihiasi hijau alam. Bagi para pencinta foto, Anda dapat mengabadikan batu tengah laut ini karena terkesan unik. Para wisatawan yang datang, diharapkan membawa bekal sendiri karena fasilitas yang ada di tempat ini masih minim.

Info lebih lanjut dapat Anda simak di Pantai Watulumbung

 

Pantai Seruni

Pantai ini terletak di Kec.Tepus, pantai ini menjadi salah satu pendapatan bagi warga Desa Tepus. Berbeda dengan tetangganya yang sudah punya nama semua, pantai ini telat manggung (belum begitu terkenal). Namun tetap tidak rugi untuk di nikmati.

Pemandangan pantai ini indah seperti pantai tetangganya. Anda dapat bermain pasir dan menelusuri bibir pantai. Kebersihan pantai ini masih baik, karena pengunjung yang tidak begtu banyak, pantai ini dijaga kebersihan oleh warga setempat. Disini terdapat air terjun buatan yang digunakan warga untuk sumber air bersih. Fasilitas di pantai ini terhitung lengkap, karena pantai ini memang digunakan warga setempat mengais rejeki.

Info lebih lanjut dapat Anda simak di Pantai Seruni

 

Pantai Nglambor

Jika saya boleh sebut, pantai ini adalah surga tersembunyi di Gunung Kidul. Kenapa? Keindahan alam dan pengalaman wisata yang akan Anda dapatkan dari pantai ini tidak dapat Anda lupakan loh. Sebuah pantai eksotis di Kec.Tepus . Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 75km.

Keindahan pantai ini adalah wisata bawah laut nya, snorkling. Air yang ada di pantai ini sangat jernih, Anda dapat melakukan snorkling melihat terumbu karang dan ikan – ikan yang berada di daerah pantai ini. Terdapat 2 batu besar yang kokoh menghalangi ombak besar masuk ke area pantai, sehingga aman sebagai spot snorkling. Tempat ini adalah tempat snorkling terbaik di Yogyakarta yah, terumbu karang yang ada di pantai ini menurut cerita ada 15 jenis terubu karang. Memberikan keleluasaan bagi para fotografer, mau foto darat bisa mau foto dalam air bisa. Batu besar yang ada menyerupai kura – kura merupakan spot menarik untuk di foto. Fasilitas di tempat ini sudah banyak, karena merupakan spot snorkling terbaik, banyak warga membuka tempat – tempat usaha guna melayani kebutuhan para wisatawan.

Info lebih lanjut dapat Anda simak di Pantai Nglambor

 

Pantai Pok Tunggal

Pantai unik yang berada di Gunung Kidul ini diberi nama Pok Tunggal karena terdapat satu pohon yang tumbuh di pantai tersebut, pohon duras. Pohon ini dijaga dengan baik oleh warga sekitar. Pantai ini masih sangat alami, terdapat perbukitan yang dapat didaki oleh para wisatawan untuk melihat pantai ini dari ketinggian. Pantai pasir putih yang memanjang ini memiliki kebersihan yang baik dan terawat.

Anda dapat mengabadikan moment bersama keluarga atau rekan di pohon duras yang merupakan ciri khas dari pantai ini. Hamparan pasir putih nan bersih memanjakan Anda yang ingin bersantai sambil berjemur. Bagi yang senang dengan kegiatan camping, pantai ini juga tepat dijadikan destinasi karena kebersihan dan keasrian alam di pantai ini. Fasilitas yang tersedia sudah lengkap.

Info lebih lanjut dapat Anda simak di Pantai Pok Tunggal

 

Masih banyak destinasi wisata di Gunung Kidul yang tak kalah cantik dengan yang tertulis.

Akhir kata kembali saya katakan bahwa Indonesia kaya akan destinasi wisata, selalu cintai negeri kita ini. Salam wisata!

 

One Comment

  • Surya Juli 13, 2018 at 10:09 pm

    Mantap eui info wisatanya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.