SEHARI MENGENAL SEJARAH SURABAYA

Nov 25 2018

SEHARI MENGENAL SEJARAH SURABAYA

Kali ini penulis ingin mengenalkan bagaimana dalam sehari pembaca dapat mengenal Surabaya secara lengkap dan gratis.

 

House of Sampoerna menjadi pilihan awal pembukaan trip sehari penulis kali ini. Salah satu perusahaan rokok kelas dunia yang didirikan pertama kali di Surabaya jelas menjadi ikon pengukir sejarah tersendiri bagi Surabaya, dengan jam operasional dari jam 9 pagi sampai dengan jam 7 malam, pengunjung dapat mengenal sejarah berdirinya Sampoerna, pameran tematik yang disediakan dari house of Sampoerna, pembelian souvenir yang barang – barangnya diambil dari lokal UKM-UMKM disekitar Surabaya, hingga melihat langsung proses produksi rokok Sampoerna.
Dipandu langsung oleh sekitar pemandu di area museum, cafe, tempat pembelian souvenir dan 3 orang pemandu disekitar ruang pameran tematik, pengunjung akan mampu mendapat beragam informasi seputar pameran, museum, pembelian souvenir dan cafeteria. Disamping itu semua, penulis beruntung mendapatkan salah satu jadwal tur dengan bis yang disediakan oleh pihak house of Sampoerna mengelilingi seputaran kota tua Surabaya. Jadwal bis dan rute yang akan dikunjungi dapat di akses d website house of Sampoerna.

Melanjutkan perjalanan, penulis mencoba rekomendasi jenis makanan khas Surabaya yaitu lontong balap berteman kan sate kerang. Karena begitu keluar dari area House of Sampoerna ada penjual lontong balap, tanpa berlama2 mampirlah penulis di tenda depan.

Dengan komposisi lontong, tahu, lentho (isi kacang panjang yg ditumbuk dibuat bulat2 lalu digereng), tauge disiram kuah manis rebusan tauge sangat nikmat dimakan bersama sate kerang. Bagi penyuka pedas, disarankan menambahkan banyak sambal didalamnya supaya lebih nikmat. Sayang sekali hari itu es degan yg seharusnya menjadi teman menghabiskan lontong balap sedang today berjualan.

Kisarannya biaya makan siang itu antara lain: lontong balap IDR11k, seikat sate kerang(10tusuk) IDR11k Dan es teh manis IDR4k

Sehubungan dengan panasnya cuaca Surabaya hari itu penulis melanjutkan perburuan kuliner ke salah satu tempat legendaris yang menjajakan ice cream.

Berdiri sejak 1930, Zangrandi memiliki tempat khusus di hati masyarakatnya Surabaya dengan menyajikan beberapa pilihan ice cream untuk dine in dan take away, Zangrandi senantiasa dipadati pengunjung.

Kisaran harga ice cream yang ditawarkan cukup bervariatif dari IDR30k – IDR70k juga beberapa pilihan cake dan snack dengan ragam dan harga yang variatif pula. Sedikit mendapatkan kesejukan dari ice cream yang penulis pilih dan beberapa saat duduk santai, penulis melanjutkan petualangan ke Pasar Atum, ikon kota tua lainnya yang menjadi perbincangan bagi pendatang maupun masyarakatnya lokal.

Menyusuri Pasar Atum lama, nampak di lantai 1 diisi pedagang yg berjualan textile, snack, keperluan sehari2 Dan obat2an. Naik ke lantai 2 pengunjung bisa menemukan ragam bahan membuat parcel dan seserahan. Sedangkan di lt. 3 and akan dimanjakan dengan pilihan baju yang sangat amat beragam baik dari segi model maupun harga. Dilantai ini juga apabila pengunjung lelah berbelanja, terdapat beberapa spot counter makanan untuk melepas lelah sejenak sambil makan dan minum. Kali ini pilihan makanan jatuh ke rujak cingur, makanan khas Surabaya yg berisi campuran sayur dan buah dengan says kacang dan cingur (hidung) sapi sebagai toping. Penulis cukup baik2 saja dengan sayur, buah dan sayurnya sayang belum terbiasa dengan cingur 🤐

Di lantai 4 beberapa toko sebagian besar masih menjual pakaian, terdapat deretan bank2 juga serta beberapa pedagang furniture.

Belum lelah? Kalian bisa melanjutkan perburuan di ITC Surabaya Mega Grosir. Berbeda dengan pasar atum, di ITC pengunjung akan dimanjakan dengan tawaran harga yg lebih murah karena pembelian harus dilakukan secara grosir.

Menutup perjalanan penulis mencoba bakso Pak Kus di area residen sudirman sebrang SD Theresia 1..

Menyediakan beragam jenis bakso dan minuman, menjadi surga tersendiri bagi para penyuka bakso.

Dengan range harga minuman dari IDR7k – IDR10k sedangkan range harga bakso IDR20k – IDR33k pengunjung dapat menyesuaikan dengan budget dan perut masing-masing.

Demikian sekilas perjalanan sehari penulis. Semoga menginspirasi bagi mereka yang sedang merancang perjalanan ke Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.