Air Terjun Omas, Tahura Djuanda

Description

Description

 

Air Terjun Omas atau yang biasa di sebut dengan sebutan Curug Omas ini merupakan salah satu dari 4 air terjun yang ada di taman hutan Raya Djuanda atau sering disingkat menjadi Tahura Djuanda. Curug Omas ini merupakan air terjun yang terbesar dari ke 4 air terjun yang berada di Taman Hutan Raya Djuanda ini. Lokasi Curug Omas ini berjarak sekitar 1,1 kilometer dari pintu masuk 4. Pintu masuk 4 ini terletak pada sebelah utara Taman Hutan Raya Juanda. Dan bagi para penyasar yang sudah terlanjur masuk melalui pintu 1,2 ataupun pintu 3, maka para penyasar ‘cukup’ berjalan menikmati suasana Alam sejauh 5,4 km menuju kearah utara untuk dapat menikmati Curug Omas ini.

 

Di lokasi obyek wisata Curug Omas ini terdapat 2 air terjun yang cukup besar. Setelah menyusuri turunan yang berupa tangga dan jalan batu, para penyasar akan disambut oleh debur dari air terjun pertama dari Curug Omas ini. Namun karena lokasinya yang curam, maka di air terjun pertama ini para penyasar hanya dapat ber swa foto ria tanpa dapat menikmati sejuknya air terjun itu sendiri.

Kemudian untuk menemukan air terjun yang kedua, para penyasar cukup menyusuri jembatan yang berada di tengah curug Omas itu. Setelah melewati jembatan, para penyasar akan menemukan tanah lapang penuh dengan pohon rimbun. Di sekelilingnya terdapat warung –warung yang menyewakan tikar dan menjajakan makanan. Para penyasar yang datang berpasangan tentunya dapat memanfaatkan tempat ini sebagai tempat yang pas untuk bercengkrama. Untuk menemukan lokasi air terjun kedua, dari tanah lapang ini, para penyasar cukup mencari lokasi kamar mandi (satu – satunya kamar mandi / toilet yang ada di lokasi ini) dan lokasi air terjun kedua berada tepat di belakang kamar mandi tersebut.

Tidak ada papan penunjuk menuju lokasi air terjun ini, maka tak heran pada persimpangan jalan masuk menuju Curug Omas ini ada beberapa warga lokal yang menawarkan jasa pemandu wisata guna menemukan air terjun tersembunyi ini.  Dibandingkan dengan air terjun yang pertama, Air terjun kedua di Curug Omas ini tampak lebih pendek namun cukup deras dan besar. Karena disekelilingnya terdapat tempat yang cukup landai, maka di air terjun yang kedua ini para penyasar dapat menikmati segarnya mandi air pegunungan.

Selain dua air terjun yang merupakan daya tarik utama dari obyek wisata Curug Omas ini. Ada beberapa daya tarik ataupun aktifitas wisata yang para penyasar dapat lakukan di tempat ini. Beberapa di antaranya adalah :

  1. Sensasi menikmati kopi hangat di atas tikar ditemani hawa sejuknya Taman Hutan Raya Juanda yang masih sangat alami
  2. Berenang di kolam renang air alami pegunungan yang tentunya jernih dan dingin
  3. Menikmati binatang liar yang masih sesekali menampakkan diri, seperti monyet abu dan burung elang
  4. Menikmati kegiatan trecking menyusuri Taman Hutan Raya Juanda yang pastinya akan membuat tubuh menjadi lebih bugar

Sedikit catatan penting : Curug Omas adalah satu – satunya obyek wisata di dalam Taman Hutan Raya Juanda yang menyediakan kamar mandi/toilet. Dan apabila para penyasar memutuskan untuk melanjutkan perjalanan dari Curug Omas menuju obyek wisata lainnya, maka diharapkan juga membawa bekal air minum yang cukup. Dikarenakan warung yang menjajakan makanan dan minuman terdekat berjarak 2,7 km dari curug Omas. Tepatnya berada pada obyek wisata penangkaran Rusa. Tidak kalah penting untuk menikmati obyek wisata di Taman Hutan Raya Juanda ini, para penyasar hendaknya menyiapkan fisik yang prima dan direkomendasikan untuk datang pada pagi hari.

Contact

Contact
  • Address
    Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198
  • Phone
  • Category
    Alam Perawan
  • Location
    Jawa Barat
  • Tags
    Air Terjun, curug, curug omas, dago pakar, Jawa Barat, juanda, lembang, maribaya, tahura djuanda

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    07:00-17:00
  • Harga
    30.000
  • Patokan Terdekat
    Dago Dreampark
  • Koneksi Internet
    4g kurang stabil
  • Situasi
    Hening, alami, seperti di hutan

Location

Air Terjun Omas, Tahura Djuanda
Get directions

Contact

Air Terjun Omas, Tahura Djuanda
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Air Terjun Omas, Tahura Djuanda

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%