Benteng Willem

  • Benteng Willem I Ambarawa
  • Benteng Willem Ambarawa

Description

Description

Jika telah menonton film “Soekarno” garapan sutradara Hanung Bramantyo, pasti kamu tak asing saat melihat benteng yang satu ini. Benteng ini digunakan sebagai lokasi pengambilan dalam film tersebut. Benteng Willem yang juga dikenal dengan nama benteng pendhem yang dibangun pada tahun 1834 sampai dengan 1845 ini memiliki berbagai hal menarik yang sayang sekali jika dilewatkan.

Daya Tarik Benteng Willem

Untuk urusan daya tarik, tentu benteng ini menyimpan banyak hal yang sangat menarik untuk di eksplorasi. Nah, berikut kami akan mereviewnya satu-persatu.

Nilai Sejarah

Benteng Willem merupakan lokasi wisata di Ambarawa yang memiliki banyak sejarah.  Awalnya bangunan yang merupakan saksi bisu peristiwa demi peristiwa yang terjadi di Ambarawa tersebut digunakan sebagai barak militer KNIL yang terhubung ke Semarang, Yogyakarta dan Magelang pada tahun 1853 sampai dengan tahun 1927.

Sekitar tahun 1942-1946, pada jaman penjajahan Jepang, tempat ini digunakan sebagai camp tawanan Belanda. Banyak hal mengerikan yang terjadi pada tawanan di  benteng ini.

Pada tahun 1950, bangunan ini beralih fungsi menjadi penjara dewasa, kemudian pada tahun 1985 digunakan sebagai penjara anak. Hingga pada tahun 1999 benteng ini menjadi Lapas kelas II B, dan hingga akhirnya menjadi Lapas kelas II A mulai tahun 2003 sampai sekarang.

Arsitektur Unik

Awalnya benteng ini terkubur di bawah permukaan tanah sebagai salah satu strategi untuk melawan musuh, hal ini merupakan kamuflase, bagian dari fungsi dari design arsitekturnya.

Secara keseluruhan, bangunan ini berbentuk persegi simetris. Ada beberapa bangunan induk yang letaknya terpisah sesuai dengan penjuru arah mata angin. Benteng Willem bukanlah benteng yang dibangun untuk pertahanan melainkan benteng yang digunakan sebagai barak militer. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jendela yang ada disana.

Tak ada bangunan tameng juga lubang pada dinding yang digunakan sebagai tempat meletakkan meriam. Jika dilihat dari letaknya yang tak jauh dari stasiun kereta api, kita bisa menyimpulkan bahwa benteng ini memiliki fungsi sebagai penyimpanan logistik.

Spot Foto yang Eksotis

Untuk yang hobi fotografi, tempat ini sangat ideal. Puing-puing bangunan, tumbuhan lumut serta rumput liar di beberapa sudut bangunan menambahkan kesan eksotik pada foto kita. Dan pastinya, tempat ini juga cocok untuk dijadikan lokasi pengambilan foto prewedding.

Lokasi Benteng Willem

Benteng ini berada tak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, di belakang Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa, berada tepat di kompleks Lembaga Pemasyarakatan Ambarawa, Desa Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Fasilitas Benteng Willem

Sampai saat ini belum ada fasilitas penunjang pariwisata sebab benteng ini masih dalam konflik antara  militer dan Dinas Pariwisata. Namun jangan khawatir, kita masih bisa menikmati keindahan pemandangan bangunan benteng dan merasakan nilai-nilai sejarah yang ada di dalamnya tanpa kendala yang berarti.

Tiket Masuk di Benteng Willem

Tidak ada biaya tiket masuk ke dalam benteng ini, kita hanya harus membayar parkir sebesar Rp.5.000,- dan melapor pada petugas yang ada disana.

Jam Operasional

Kita dapat berkunjung pada jam 8.00 sampai jam 16.30  pada hari Sabtu sampai hari Kamis. Oya, perlu diketahui, karena sebagian dari bangunan benteng ini digunakan sebagai Lembaga Pemasyarakatan dan asrama penjaga harap untuk menjaga ketenangan dan kebersihan lingkungan ya!

Contact

Contact
  • Address
    Lodoyong, Ambarawa
  • Category
    Oldies
  • Location
    Jawa Tengah
  • Tags
    ambarawa, belanda, benteng, prewedd, semarang, willem

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    08.00 - 16.00
  • Harga
    Semampunya
  • Patokan Terdekat
    RSUD Ambarawa
  • Koneksi Internet
    4G Stabil
  • Situasi
    Agak sepi, banyak sawah

Location

Benteng Willem
Get directions

Contact

Benteng Willem
  • By Suka Nyasar
  • Email: kitasukanyasar@gmail.com

Ratings

Benteng Willem

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%