Cafe Batavia Kota Tua

Description

Description

Merupakan cafe di Kota Tua Jakarta dengan nuansa classic ala jaman Belanda (memang bangunan Belanda kalee). Bangunan yang saat ini dijadikan Cafe Batavia, didirikan pada tahun 1805 hingga 1850 yang menjadikan bangunan ini meurpakan bangunan tertua ke 2 di Taman Fatahillah setelah Museum Sejarah Jakarta.

Sebelum menjadi cafe, tempat ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal, kantor, dan gudang selama beberapa tahun. Pada tahun 1884, tempat ini menjadi tempat bisnis perdagangan dengan Timur Tengah.

Selama beberapa tahun, Cafe Batavia merupakan satu – satunya tempat komersial yang ada di Taman Fatahillah. Bangunan ini sebagian besar interior nya terbuat dari kayu jati. Beberapa kali terjadi renovasi, namun tetap Cafe Batavia berhasil mempertahankan nuansa bangunan yang sudah berumur lebih dari 2 abad tersebut.

Bangunan cafe ini terdiri dari 2 lantai, dimana lantai pertama terdapat panggung yang digunakan untuk live music, depan panggung live music terdapat bar yang dapat digunakan untuk minum alkohol sambil melihat live music. Terdapat beberapa kursi kayu beserta meja makan, dan ada yang bertipe sofa. Untuk lantai 2 lebih terkesan tempat makan. Kondisi lebih terang, karena cahaya matahari yang masuk melalui jendela – jendela kaca yang kusen nya dibuka.

Daya Tarik

Walau Cuma ngomong cafe, tiap cafe punya ke unggulan yang berbeda beda yah.

Cafe Batavia cocok bagi Anda yang ingin menikmati makan siang / malam dengan nuansa vintage. Bangunan yang masih asli dari jaman Belanda ini terawat keaslian nya walau sudah sering di renovasi. Anda dapat mengabadikan foto – foto di tempat ini, masih terlihat sangat klasik.

Pelayanan dari karyawan Cafe Batavia sangat memuaskan. Setiap karyawan terlatih untuk berbahasa Inggris, standart pelayanan yang diberikan juga sudah seperti pelayanan di fine dining restaurant. Tata cara penyambutan tamu, dan SOP pekerja di Cafe Batavia memang sudah disesuaikan dengan kebutuhan orang – orang Barat.

Menu makanan yang lengkap. Tidak hanya menjual makanan barat, namun ada juga makanan dalam negeri yang bisa Anda nikmati disini.

Makanan dan minuman yang dijual di cafe ini dimasak menggunakan bahan – bahan yang berkualitas, sehingga menghasilkan masakan yang nikmat untuk di santap bersama pasangan / keluarga atau rekan – rekan. Untuk penampilan dalam penyajiannya, seperti restoran berkelas loh (sebelum di makan, di foto dulu ^^).

Fasilitas

  • Toilet

  • Live music

  • Bar

Lokasi

Lokasi cafe ini ada di Barat Laut Taman Fatahillah. Dikelilingi museum – museum menambah kesan vintage dari tempat ini. Apabila dari Tugu Monas, Anda dapat mencapai tempat ini dengan mengambil arah utara, jarak tempuh dari Monas 6 km.

Bagi para traveller yang datang melalui Bandara Soekarno – Hatta, Anda dapat mengambil jl.Tol Pelabuhan, dengan menempuh jarak 23 km.

Jam Operasional

Cafe ini buka jam 09.00 dan tutup jam 00.00 WIB.

Harga

Harga makanan dan minuman di tempat ini berkisar antara Rp.60.000 – Rp.450.000

Rata – rata pasangan yang datang ke cafe ini menghabiskan kurang lebih Rp.350.000 an untuk makan dan minum.

Catatan:

Suasana cafe ini sangat nyaman ( bukan promosi yah, saya ga di bayar lo ini >< ). Memang tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai konsep klasik / vintage.

Makanan di tempat ini enak, penampilan pun menarik. Menambah selera makan Anda.

Untuk mahal / tidak, relatif ya guys. Ada yang bilang mahal. Ada yang bilang tidak. Bagi saya yang backpacker, harga yang diberikan sesuai dengan apa yang di dapatkan ( seharga ). Saya menilai dari kenyamanan yang saya dapatkan dan rasa makanan yang saya dapatkan.

Indonesia bukan hanya kaya akan wisata alam, pelaku pelaku bisnis pun sudah mulai memanfaatkan tempat makan sebagai salah satu destinasi untuk melakukan wisata. Salam Wisata!

Contact

Contact
  • Address
    Jl. Pintu Besar Utara No.14, RT.7/RW.7, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11230
  • Phone
  • Website
  • Category
    Buat Keluarga, Kuliner, Unik Kreatif
  • Location
    Jakarta
  • Tags
    cafe batavia, cafe jakarta, cafe kota tua, cafe unik jakarta, cafe vintage, kota tua, kota tua jakarta, taman fatahillah, tempat makan jakarta

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    09.00-00.00
  • Harga
    60.000 - 450.000
  • Patokan Terdekat
    Museum wayang ; Taman Fatahillah
  • Koneksi Internet
    4 g lte lancar
  • Situasi
    Nyaman , Vintage

Location

Cafe Batavia Kota Tua
Get directions

Contact

Cafe Batavia Kota Tua
  • By Kwon Boa
  • Email: boalovers01@gmail.com

Ratings

Cafe Batavia Kota Tua

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%