Candi Sambisari

  • Candi Sambisari

Description

Description

Tidak mengherankan jika Daerah Istimewa Yogyakarta dinilai sebagai daerah utama destinasi wisata di Indonesia. Selain kekayaan alamnya, kota gudeg ini juga menyimpan banyak warisan sejarah. Setidaknya, Yogyakarta memiliki 28 situs candi, salah satunya Candi Sambisari, yang akan kami kupas kali ini.

Daya Tarik Candi Sambisari

Ketika candi-candi lain di Yogyakarta sudah menampakkan pesonanya, Candi Sambisari masih terkubur akibat erupsi dasyat gunung merapi berabad-abad silam. Baru pada 1987, Candi ini selesai dipugar setelah sebelumnya pada 1966 ditemukan secara tidak sengaja oleh petani yang sedang mencangkul sawahnya. Sebagai sebuah destinasi wisata sejarah, banyak hal menarik yang bisa ditemui di Candi Sambisari.

  • Sejarah berdirinya Candi Sambisari

Meskipun belum ada bukti-bukti konkret yang mendukung, tetapi Candi ini diperkirakan dibangun pada 812-838 M oleh Rakai Garung, Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra. Jika dilihat dari jenis batu isian yang digunakan, yakni batu padas, disimpulkan pula bahwa pembangunan Candi ini semasa dengan Candi Plaosan, Sojiwan, dan Prambanan.

  • Menjelajahi Kompleks Candi Sambisari

Berada di areal seluas 50 x 48 m, Candi terdiri atas satu candi utama dan tiga candi perwara. Kita dapat menaiki tangga di candi utama sehingga bisa melihat lebih dekat arca-arca yang terpasang pada relung dinding candi. Bagi penggemar sejarah, tentu akan menyenangkan menelisik Candi dari dekat.

  • Mengenal Candi Sambisari Lebih dekat di Museum Mini

Di kawasan Candi, terdapat museum mini yang memuat informasi penemuan hingga proses ekskavasi. Dipajang pula foto-foto proses penggalian dan rekonstruksi yang menghabiskan waktu kurang lebih 24 tahun.

  • Patung Lingga dan Yoni di Dalam Candi

Di dalam bilik utama candi, terdapat ruangan berukuran sekitar 4,8 m di mana di sana berdiri patung lingga berwarna putih, sedangkan patung yoni terbuat dari batu berwarna hitam dan mengkilap. Patung tersebut menegaskan bahwa dulunya Candi Sambisari digunakan untuk pemujaan Dewa Syiwa. Pada tepi patung lingga, terdapat alur yang menampung air persembahan dan dialirkan ke cucuran berhiaskan kepala ular.

  • Bersantai Menikmati Waktu di Halaman Candi

Uniknya, Candi ini berada 6,5 meter di bawah permukaan tanah. Jadi, berada di halaman paling atas, bersantai di padang rumput nan hijau, sambil memandangi karya peradaban tempo dulu, akan sangat menyenangkan.

  • Mengabadikan Keindahan Kawasan Candi Lewat Foto

Selain bangunannya, kawasan Candi juga menawarkan pesona hamparan rumput hijau yang tertata rapi, mengelilingi bangunan candi. Terlebih lagi, di salah satu sudut dinding halaman, terukir tulisan Candi Sambisari yang biasanya dijadikan latar belakang untuk berfoto. Tak jarang juga, kawasan Candi ini dijadikan lokasi untuk pengambilan foto pre-wedding.

Lokasi Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika perjalanan ditempuh dari Yogyakarta, Kita dapat mengambil rute Jalan Raya Jogja-Solo. Kemudian, setelah menjumpai pertigaan Bandara Adi Sutjipto, ambil arah lurus hingga sampai ke pertigaan dengan penanda Gedung Balai Diklat Yogyakarta. Dari sana, belok kiri ke arah utara, dan kita pun akan masuk ke area perkampungan warga di mana candi berada.

Fasilitas

Meski terbilang tidak istimewa, namun fasilitas di sana cukup memadai. Kita dapat menemukan warung makan, toko kelontong, serta masjid.

Tiket Masuk

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup membayar Rp 3.000, kita sudah bisa menikmati bangunan warisan era kerajaan Mataram.

Jam Operasional

Candi ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 9.00-16.00. Berwisata ke situs ini dapat menjadi alternatif tujuan wisata, selain melepas kepenatan, kita juga bisa menambah pengetahuan mengenai situs cagar budaya di Yogyakarta.

Contact

Contact
  • Address
    Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta
  • Category
    Buat Keluarga
  • Location
    Jogja
  • Tags
    candi, sambisari, sleman

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    Setiap Hari 07.00 - 17.00 WIB
  • Harga
    Rp.3000
  • Koneksi Internet
    4G
  • Situasi
    Candi terletak di bawah permukaan tanah

Location

Candi Sambisari
Get directions

Contact

Candi Sambisari
  • By Wahyu Setya
  • Email: Wahyusetyapmd@gmail.com

Ratings

Candi Sambisari

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%