Gereja Hati Kudus Yesus, Ganjuran

Description

Description

Sebuah tempat ibadah bagi umat beragama katolik ini terletak di Ganjuran, Bantul Yogyakarta. Sebuah hasil desain dari tahun 1900-an yang megah dan kaya akan budaya jawa ini sudah banyak diubah dan dibangun ulang setelah bencana gempa bumi jogja tahun 2006. Meskipun banyak diubah, gereja ini masih menampakkan kemegahan seperti pada awal dibangun.

Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran, demikian nama gereja ini. Komplek Gereja ini dibangun diatas lahan seluas 2.5 hektar meliputi bangunan gereja, tempat parkir, candi, pastoran, dan beberapa bangunan lainnya. Bangunan gereja dibuat dengan gaya joglo dan dipenuhi ukiran khas jawa. Beberapa patung dan lukisan mengenai keyakinan umat katolik juga terdapat didalam gereja ini dan berpakaian layaknya wayang orang. Karena gaya arsitektur ini, ilmuwan Belanda M. C. Ricklefs menyatakan bahwa gereja di Ganjuran mungkin merupakan manifestasi penyesuaian gereja Katolik di Jawa yang paling menonjol.

Dari sejarahnya, gereja ini dibangun oleh 2 orang pemilik pabrik gula diganjuran. Joseph dan Julius Schmutzer adalah pemilik pabrik gula Gondang Lipuro yang selain membangun gereja ini juga membangun beberapa sekolah dan rumah sakit yang saat ini dikenal sebagai panti rapih. Setelah gereja selesai dibangun, didalam komplek ini mulai dibangun juga candi Hati Kudus Yesus. Candi Hati Kudus Yesus memiliki teras berhiaskan relief bunga teratai dan patung kristus mengenakan pakaian jawa. Candi ini diniai lebih dekat dengan budaya jawa dan kini menjadi salah satu tempat untuk melaksanakan misa selain didalam bangunan gereja .

Mulai 1990 Gereja ini dikembangkan lagi dengan memperbaiki candi dan menambahkan relief jalan salib dengan bantuan sumbangan masyarakat. Namun pada saat gempa bumi 2006, gereja ini roboh dan kembali dibangun dengan gaya jawa dan bertahan hingga sekarang.

Komplek Gereja ini selain sebagai tempat ibadah umat katolik juga sering dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah untuk sekedar berwisata, menikmati keindahan bangunan dan budaya jawa yang begitu kental disini. Suasana yang teduh dan tenang cocok digunakan untuk berdiam, merefleksikan segala hal yang kita lalui didunia ini. Namun jangan lupa karena pada dasarnya tempat ini adalah tempat ibadah, maka selalu patuhi aturan-aturan yang berlaku, seperti mengenakan pakaian yang sopan, menjaga ketenangan, jangan makan dan minum di dalam gereja, serta jangan naik ke candi jika sedang ada kegiatan rohani.

Untuk mencapai gereja ini, dari yogyakarta kita cukup mengambil jalan ke selatan mengikuti jalan bantul, setelah mencapai bantul, kita lanjutkan ke selatan melalui jalan samas sampai bertemu dengan SMK Muhamadiyah 1 Bambanglipuro, kemudian belok kiri dan gereja Hati Kudus Yesus ganjuran akan kita temukan sekitar 500 meter dari sini.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini untuk sekedar refreshing adalah pada hari biasa untuk menghindari kepadatan karena acara-acara yang mungkin diselenggarakan pada akhir pekan maupun hari minggu. Jika ingin mengunjungi tempat ini pada hari minggu, pastikan untuk menghindari jam-jam dilakukannya misa atau kegiatan lainnya karena pasti akan penuh. Sangat disarankan untuk datang sore atau malam hari, karena suasana tempatnya terlihat lebih eksotis dengan hiasan lampu dan lilin-lilin yang menyala, ditambah kesejukan tempat ini karena banyak pepohonan yang tumbuh sehingga menyegarkan udara. Hindari datang pada jumat pertama setiap bulannya karena ada kegiatan ibadah umat nasrani ditempat ini dan biasanya selalu penuh.

Contact

Contact
  • Address
    Jalan Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Jogodayoh, Sumbermulyo, Bambang Lipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55764
  • Phone
  • Category
    Buat Keluarga, Wisata Religi
  • Location
    Jawa Tengah
  • Tags
    arsitektur, candi, gamelan, ganjuran, gereja, gereja ganjuran, gereja hati kudus yesus, gereja jawa, hati kudus yesus, panti rapih, religi, wisata

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    parkir saja
  • Patokan Terdekat
    polsek bambanglipuro
  • Koneksi Internet
    4g
  • Situasi
    tenang dan nyaman

Location

Gereja Hati Kudus Yesus, Ganjuran
Get directions

Contact

Gereja Hati Kudus Yesus, Ganjuran
  • By Suka Nyasar
  • Email: kitasukanyasar@gmail.com

Ratings

Gereja Hati Kudus Yesus, Ganjuran

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%