Gua Maria Bunda Kristus Tebar Kamulyan

Description

Description

Merupakan salah satu tempat doa umat katolik di Subang, Jawa Barat. Asal mula menurut penduduk sekitar, tempat doa ini dulunya adalah hutan karet. Di samping Gereja Katolik, terdapat jalan setapak yang terdapat pohon besar, yang digunakan untuk warga sekitar memuja Dewi Pohaci, dengan cara membakar batang padi serta memberikan persembahan berupa kelapa muda. Dewi Pohaci dipercaya oleh masyarakat sebagai lambang kelembutan, kesuburan, dan perlawanan terhadap kekerasan.

Gua Maria ini jadi pada tahun 1985, dari kinerja Perkumpulan Remaja Katolik Subang (PRKS), lalu diresmikan oleh Uskup Bandung. Awalnya tempat doa ini memang bertujuan untuk memperkuat iman dari umat beragama Katolik di Subang, namun setelah berjalannya waktu, banyak peziarah dari luar kota yang berkunjung ke tempat ini. Banyak yang berkata, doa yang mereka sebutkan banyak terkabul.

Di tempat ini juga ada Jalan Salib, yang mulai dibangun pada september 2005. Pada tahun 2006, nama “Gua Maria Bunda Kristus Tebar Kamulyan” diresmikan dengan latar belakang, Patung Bunda Maria yang digunakan adalah Patung Bunda Kristus; Paroki Subang nama pelindungnya Kristus Sang Penabur, Sebagai seorang Penabur mempunyai tugas untuk menebar, dan yang ditebar adalah sesuatu yang bersifat agung atau mulia. Kata “TEBAR” diartikan juga sebagai singkatan dari keTEnangan BARu dan “KAMULYAN” singkatan dari KArep MULus kalaYANan” yang artinya “Keinginan/ kehendak dengan tanpa aral melintang akan terpenuhi atau terkabul.” Secara utuh arti nama dari “TEBAR KAMULYAN” bermakna menebarkan atau melimpahkan Keagungan.

Daya Tarik

Tempat ziarah umat beragama Katolik ini masih tergolong asri, di kelilingi oleh pohon – pohon rindang, membuat tempat ini nyaman untuk berdoa. Tempat ini juga tidak terletak di jalan utama, sehingga terhindar dari kebisingan kendaraan berlalu lalang.

Fasilitas

Tempat ziarah ini memiliki fasilitas seperti umum nya Gereja lain:

  • Toilet
  • Tempat pertemuan : Tempat pertemuan ini digunakan untuk kepentingan Gereja, bukan untuk kepentingan komersil.
  • Tempat makan : Hanya ada pada hari minggu pagi.

Lokasi

Tempat doa ini berlokasi di Kota Subang. Dari Wisma Karya Subang, Anda dapat mengambil jalur ke timur dan menempuh jarak 3 km untuk mencapai tempat doa ini.

Dari alun – alun kota Subang, Anda perlu mengambil jalan ke timur dan menempuh jarak 2 km.

Tempat doa ini masih sangat minim petunjuk jalannya, apabila Anda merasa bingung, jangan sungkan untuk bertanya pada orang sekitar, karena untuk warga Subang, tempat ini sudah dikenal secara luas.

Jam Operasional

Pada hari biasa tempat doa ini dapat Anda kunjungi pada pukul 05.00 – 21.00 WIB

Misa harian (bagi umat beragama Katolik) pukul 06.00

Misa mingguan pukul 07.00

Harga

Tidak dikenakan biaya apapun untuk memasuki tempat ini, apabila berkenan dapat memberikan uang parkir kepada penjaga Gereja.

 

Catatan

Banyak peziarah yang bilang, doa – doa mereka terkabul setelah berdoa di tempat ini. Percaya tidak percaya yah, bagi Anda yang penasaran boleh di coba berkunjung. hehe.

Sebagai tempat doa, bagi pengunjung yang datang di harapkan tidak menimbulkan kebisingan yang dapat mengganggu ke kusyukan orang yang sedang berdoa.

Tempat doa ini dekat dengan pusat kota Subang, jadi untuk penginapan Anda dapat mencari di pusat kota, yang jaraknya hanya 3-5 km saja dari tempat doa ini. Tempat makan juga bertebaran di pusat kota Subang yah.

 

Indonesia memiliki beraneka ragam suku, budaya dan agama bukan untuk menjadikan permusuhan, namun sebagai pelengkap satu dengan yang lain. Tetap rukun dan salam wisata Indonesia.

Contact

Contact
  • Address
    Jalan A. Nanta Sukarya No. 18, Pasirkareumbi, Subang, Pasirkareumbi, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211
  • Phone
  • Category
    Buat Keluarga, Wisata Religi
  • Location
    Jawa Barat

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    05:00 - 21:00
  • Harga
    Free
  • Patokan Terdekat
    Alun-Alun Kota Subang
  • Koneksi Internet
    4G
  • Situasi
    Tenang dan asri

Location

Gua Maria Bunda Kristus Tebar Kamulyan
Get directions

Contact

Gua Maria Bunda Kristus Tebar Kamulyan
  • By Kwon Boa
  • Email: boalovers01@gmail.com

Ratings

Gua Maria Bunda Kristus Tebar Kamulyan

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%