Gua Maria Kerep Ambarawa, Kesejukan dan Ketenangan dihadapan Bunda Maria

Description

Description

Gua Maria Kerep Ambarawa atau yang biasa di singkat menjadi GMKA ini terletak di kota Ambarawa. Letak tepatnya berada di jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Panjang. Untuk mencapainya sangatlah mudah, bagi para penyasar yang berasal dari luar kota dapat melalui jalan tol trans jawa dan mengambil pintu keluar Bawen. Dari sini para penyasar dapat menuju ke utara ke kota Ambawara. Lalu nanti setelah menemukan terminal bis Ambarawa, para penyasar akan menemukan petunjuk jalan masuk menuju ke GMKA ini. Jaraknya hanya berkisar 1 km dari terminal bis Ambarawa.

Sesampainya di tempat parkir, para penyasar akan menemukan patung Bunda Maria raksasa yang diberi nama Patung Maria Asumpta. Patung ini memiliki tinggi 23 meter, dengan penopang 19 meter, total tinggi 42 meter. Awal berdiri, patung ini disebut-sebut sebagai salah satu patung tertinggi di Indonesia, Asia Tenggara, bahkan mendapatkan penghargaan sebagai patung Bunda Maria tertinggi di dunia oleh Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia (LEPRID).

Patung karya pelukis dan pematung Ambarawa, R.A. Nugroho Adi P. ini diresmikan pada 15 Agustus 2015, oleh Uskup Agung Semarang kala itu, Mgr Johannes Pujasumarta.Peresmiannya bertepatan dengan hari raya St Maria Diangkat ke Surga dan perayaan ulang tahun ke-61 Gua Maria Kerep Ambarawa. Dan kini merupakan salah satu ikon dari GMKA.

Gua Maria Kerep Ambarawa ini didirikan pada tahun 1954 oleh Uskup Agung Semarang pada masa itu, Bp. Uskup Albertus Soegijapranata. Awalnya merupakan tanah kongregasi Bruder para rasul dan bruder aspostolik (kongregasi ini juga di dirikan oleh Uskup Albertus Soegijapranata), namun setelah kongregasi tersebut bubar, kemudian tanah ini disediakan untuk para umat Katolik paroki Santo Yusuf Ambarawa untuk kegiatan ziarah.

Pembangunan awal gua ini banyak melibatkan siswa-siswi dari Sekolah Guru Kolese Santo Yusuf dan Sekolah Guru Putri Santa Maria Ambarawa. Mereka bergotong royong bersama dengan anak asrama Bruderan dan Susteran membawa batu kali dari Sungai Panjang ke atas gua. Pada 15 Agustus 1954, tempat ziarah ini diresmikan dan diberkati dengan air suci dari Lourdes oleh Uskup Agung Semarang. Sejak awal pembangunan, Patung Bunda Maria Kerep dibuat menyerupai bentuk Patung Bunda Maria di Lourdes, Prancis.

Sebelum memasuki kawasan Gua Maria Kerep ini para penyasar dapat membeli lilin atau karangan bunga yang nantinya dapat di persembahkan di depan Gua Maria sebagai lambang persembahan diri. Suasana di komplek GMKA ini sangat lah rindang dan sejuk sehingga para penyasar akan nyaman melakukan proses ibadahnya disini. Biasanya para penyasar yang datang ke Gua Maria ini langsung duduk di depan patung Bunda Maria dan langsung berdoa disana, lalu kemudian barulah naik beberapa anak tangga menuju ke ruang penyembahan sakramen maha kudus untuk melakukan adorasi.

Namun menurut beberapa sumber lain, ada baiknya apabila penyasar yang beragama Katolik yang benar – benar ingin melakukan ziarah keagamaan disini mengikuti tiga tahapan prosesi ibadah, yakni saat pengunjung datang, terlebih dahulu masuk ke Taman Doa, dimana pengunjung dapat mengambil pembelajaran pengorbanan Yesus selama 3 tahun, dimana saat Yesus hanya memiliki 5 buah roti, dia berhadapan dengan 5 ribu orang miskin, dan 5 buah roti tersebut, dengan mukjizat Tuhan, dapat dibagikan kepada 5 ribu orang miskin. Selanjutnya pengunjung harus melintasi stasi Jalan Salib, sebagai bentuk pembelajaran untuk meneladani kesengsaraan Kristus, dan akhir perjalanan, pengunjung langsung dapat melakukan Adovasi, atau melakukan meditasi dan perenungan cipta di depan patung Yesus minimal 1 jam, diharapkan dari prosesi tersebut pengunjung dapat mengembalikan jati diri atau sangkan paraning dumadi menuju manunggaling kawulo gusti.

Tentunya setelah puas berdoa, bersyukur dan memohon ampunan-Nya, para penyasar pastinya akan merasa lapar. Ditambah lagi suasana di sekitar Gua Maria Kerep Ambarawa ini sangatlah sejuk dan cenderung dingin, maka akan menambah napsu makan para penyasar. Di sekitar Gua Maria ini terdapat beberapa makanan yang tersedia di food court disamping tempat parkir mobil. Beberapa jajanan yang terkenal disini adalah Bakso, sate kelinci/ayam dan nasi pecel. Khusus nasi pecel, para penyasar yang datang di siang hari dapat mencoba nasi pecel mbok Kami yang persis berada di jalan masuk menuju ke Gua Maria Kerep Ambarawa. Atau tepatnya berada di seberang terminal bis Ambarawa.

Nah menarik kan ziarah ke Gua Maria Kerep Ambarawa? sayangnya para penyasar yang saat ini sedang merencanakan untuk berziarah kesana lebih baik di tunda terlebih dahulu dikarenakan pada musim pandemi covid 19 ini pihak pengelola Gua Maria memutuskan untuk menutup tempat ziarah sampai dengan waktu yang belum di tentukan. Namun demikian jangan khawatir, cepat atau lambat namun pasti, pandemic akan segera dilalui. Tetap sehat, tetap semangat, salam nyasar!

 

 

Contact

Contact
  • Address
    Jl. Gua Maria Kerep, Kerep, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614
  • Phone
  • Category
    Wisata Religi
  • Location
    Jawa Tengah, Semarang
  • Tags
    ambarawa, bunda maria, goa, goa maria, jawa tengah, katholik, kerep, makam yesus, maria, religi, semarang, taman doa, wisata, yesus

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    free
  • Patokan Terdekat
    terminal ambarawa
  • Koneksi Internet
    4g
  • Situasi
    sejuk dan tenang

Location

Gua Maria Kerep Ambarawa, Kesejukan dan Ketenangan dihadapan Bunda Maria
Get directions

Contact

Gua Maria Kerep Ambarawa, Kesejukan dan Ketenangan dihadapan Bunda Maria
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Gua Maria Kerep Ambarawa, Kesejukan dan Ketenangan dihadapan Bunda Maria

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%