GUA MARIA PERENG

  • Goa Maria Pereng
  • Goa maria pereng
  • Goa Maria Pereng

Description

Description

Gua Maria Pereng ini awal mulanya berawal dari kemurahan hati seseorang dari Yogyakarta bernama Soeryono. Pereng sendiri berarti tanah miring / terjal, sesuai dengan namanya dalam area kawasan ziarah ini banyak anak tangga. Pada tahun 2009, Soeryono memnghibahkan tanahnya ini ke gereja Katolik setempat, dengan cita – cita agar dapat digunakan untuk berdoa / bermeditasi umat di wilayah sekitarnya.

Pada tahun 2011 merupakan awal dari Gua Maria Pereng. Pada tahun 2011 dibentuk panitia pembangunan, penggalangan dana, penentuan nama, dan peletakan batu pertama.

Daya tarik

Tempat ziarah bagi umat beragama Katolik ini memiliki suasana yang tenang dan udara yang sejuk, sehingga mengajak para peziarah sejenak untuk kembali ke alam untuk berdoa dan bermeditasi.

Sebagian besar orang yang datang ketempat ini bertujuan untuk berdoa atau bermeditasi, namun tidak sedikit juga yang berkunjung untuk hunting foto. Suasana yang masih alami, membuat lokasi ini memiliki daya tarik bagi para fotografer.

Fasilitas

  • Toilet Gratis
  • Tempat makan : Di area parkir banyak tempat makan yah, bagi saya sendiri yang membuat cukup kangen adalah nasi goreng jagung nya. Udara dingin dengan menikmati secangkir kopi dan nasi goreng jagung ^^
  • Tempat cenderamata : Masih di bagian area parkir, selain tempat makan juga ada beberapa  tempat yang menjual barang – barang rohani sebagai cenderamata dari tempat ziarah ini.
  • Penginapan : Penginapan di tempat ziarah ini memang dibangun diperuntukkan bagi peziarah yang bertujuan menghabiskan malam di Gua Maria Pereng. Tarif yang disediakan tidak menguras kantong.
  • Parkir luas

Tarif

Di tempat ziarah ini tidak ada tarif masuk yang dikenakan. Hanya membayar biaya parkir mobil / motor. Biasanya seiklasnya.

Lokasi

Terletak di lereng gunung Merbabu, lokasi Gua Mari Pereng dapat dicapai melalui kota Salatiga. Dari bundaran salatiga menelusuri Jl.Argosari Raya, masuk ke Jl. Lingkar Selatan Salatiga, dan ambil jalur ke selatan ke Jl.Raya Kopeng. Dari bundaran salatiga jarak yang ditempuh kurang lebih 13km sampai ke Gua Maria Pereng. Untuk mencapai tempat ini jalannya cukup untuk 2 mobil berlawanan arah, tapi jika ada bis, salah satu harus menggunakan bahu jalan, jadi tetap hati-hati ya.
Kalau untuk tempat parkirnya luas banget kok, ga perlu khawatir bakal ga muat, pas lagi ramai ada puluhan bis dan mobil aja bisa parkir dengan aman kok.

Setelah menikmati suasana hening dan khusuk ala tempat wisata religi, tidak ada salahnya mampir ke Ketep Pass yang berjarak kurang lebih 5km dari sini. Atau bisa juga meneruskan perjalanan ke semarang dimana kita akan disambut Pagoda Avalokitesvara disisi kanan jalan ketika akan memasuki kota semarang, setelah itu bisa coba kunjungi 7 Tempat Wisata Eksotis yang ada di Semarang.

 Jam operasional

seperti pada umumnya tempat ziarah goa maria seperti goa maria pereng ini buka 24 jam. Biasanya muda-mudi yang berkelompok untuk ziarah dan berdoa sih milihnya malam,  karena fisik masih prima dan memang suasana malam diberbagai goa maria di indonesia rata-rata lebih menciptakan suasana sejuk di hati. Situasi malam hari dengan udara yang dingin akan lebih cocok untuk menenangkan pikiran sambil berdoa di tempat ini. Siang pun sebenernya ga kalah sejuk juga kok, cuma kalau pas lagi rame kadang penuh tempat untuk duduk dan berdoanya.

 

Catatan :

Karena lokasi ini terletak di lereng gunung Merbabu udaranya akan terasa dingin, terutama pada malam hari. Bagi yang berziarah ketempat ini dianjurkan untuk membawa jaket atau perlengkapan pribadi yang digunakan. Bagi yang sudah kuat menghadapi dingin, tidak dianjurkan untuk hanya memakai jaket kulit alami alias telanjang dada..haha.. nanti dikira orang gila.

Area di Gua Maria Pereng jalan nya naik turun, banyak tangga. Jika yang membawa anak – anak masih kecil, lebih berhati – hati agar tidak terjatuh.

Contact

Contact
  • Address
    Dusun Jampelan, Desa Getasan, Kecamatan Getasan, Sumogawe, Getasan, Semarang, Jawa Tengah 50774
  • Category
    Buat Keluarga, Wisata Religi
  • Location
    Semarang
  • Tags
    gua maria, gua maria pereng, pereng, salatiga, tempat wisata salatiga, tempat wisata semarang, tempat ziarah, tempat ziarah semarang, wisata rohani salatiga, wisata semarang, ziarah

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    Gratis
  • Koneksi Internet
    4G
  • Situasi
    Sejuk dan tenang

Location

GUA MARIA PERENG
Get directions

Contact

GUA MARIA PERENG
  • By Kwon Boa
  • Email: boalovers01@gmail.com

Ratings

GUA MARIA PERENG

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%