Gua Maria Ratu Besokor Weleri

Description

Description

Gua Maria Ratu Besokor ini terletak di sebuah desa yang bernama Dusun Besokor di daerah Weleri. Dusun Besokor, merupakan salah satu Lingkungan Paroki St. Martinus Weleri yang berjarak 3 Km ke arah Selatan. Pada jaman dahulu Dusun Besokor merupakan sebuah dusun miskin dimana pihak Gereja Katholik menjalankan misi kemanusiaan disana. Salah satunya dengan membantu pengembangan pertanian didaerah tersebut. Untuk mencapai lokasi ini, para penyasar dapat melewati jalur Jl.Raya Demak-Semarang, keluar menuju ke Weleri, melewati Jl. Tamtama dan hanya sekitar 1 km dari Pom Bensin Pertamina. Setelah melewati dua tikungan tajam dan menanjak, tepat di kiri jalan akan terlihat sebuah gapura bertuliskan “Gua Bunda Maria Ratu” yang pagarnya tertutup. Lalu terdapat tulisan serupa di dinding batu sebelum akhirnya tiba di pintu masuk yang juga terdapat sebuah plang besar bertuliskan “Tempat Doa Gua Bunda Maria Ratu”.

Sejarah

Sejarah ditemukannya Gua Maria ini tidak terlepas dari Proyek kemanusiaan Gereja Katolik di Dusun Besokor. Proyek kemanusiaan tersebut dimulai dari tahun 1966. Dalam kurun waktu tersebut, tepatnya pada tahun 1987. Romo T. Widyana sj (romo yang bertugas di Dusun Besokor periode 1984 – 1990), dikaruniai  Penampakan Bunda Maria melalui mimpi. Didalam mimpinya, Bunda Maria menunjukan Gua (Lubang) yang dapat digunakan untuk mengeluh dan mengaduh kepadanya. Lubang atau Gua itu berada pada wilayah perbukitan Dusun Besokor.

Singkat cerita kemudian dengan bantuan penduduk dusun. Romo Wid – panggilan akrab dari Romo T. Widyana kemudian menemukan sebuah lubang yang telah tertutup rerumputan. Lokasi itu diyakini oleh romo Wid merupakan lokasi yang sama dengan pada saat Bunda Maria menampakkan diri dalam mimpinya. Penampakannya awalnya tidak mirip dengan sebuah gua namun lebih mengarah ke sebuah lubang. Menurut penduduk setempat, Lubang ini pada jaman penjajahan dulu dipergunakan untuk persembunyian tentara Jepang. Baru setelah masa kemerdekaan lubang itu lebih dipakai sebagai tungku pembakaran kulit buah randu(abu buah kulit randu merupakan bahan dasar pembuatan sabun cuci, dulu semacam sabun “bebek” yang dicetak kotak-kotak.

Dari sejak ditemukan pada tahun 1987, baru pada tahun 2003 Gua Maria Ratu Besokor ini diresmikan oleh Uskup Agung Semarang pada saat itu. Dalam kotbahnya pada saat memimpin misa pertama di Gua Maria Ratu Besokor ini, Bapa Uskup Ign, Suharyo memunculkan jargon baru untuk Gua Maria ini dengan sebutan Ziarek. Yang berarti tempat ziarah dan rekreasi. “Rekreasi sesungguhnya, tidak hanya jalan-jalan atau piknik. Rekreasi memiliki arti penciptaan kembali. Jadi dengan  berekreasi orang sebenarnya diharapkan mengalami penciptaan kembali, kemudian membuat hidupnya lebih teratur, lebih harmonis.”

Patung Bunda Maria yang berwarna putih diletakkan pada lokasi lubang yang telah di pugar menjadi seperti gua alam. Letaknya di atas pintu masuk dari komplek Gua Maria Ratu Besokor. Dan untuk para penyasar yang ingin berdevosi kepada Bunda Maria, disini pihak pengelola menyediakan tempat mirip dengan gazebo yang sudah berlantai keramik.

Dilokasi Gua Maria Ratu Besokor ini tersedia Air suci yang terletak di antara pelataran doa dan Panti Imam, Lorong jalan setapak menuju makam Yesus. air ini diambil dari sebuah mata air (Tuk) yang bernama Tuk Sirondo. Dipilihnya Tuk Sirondo menjadi sumber air suci yang dialirkan ke Gua Maria ini memiliki alasan diantaranya adalah air jernih dan debitnya relatif tetap sepanjang tahun. anda bisa menggunakan keran-keran yg sudah dialirkan di lokasi air suci ini, bahkan anda bisa membawa pulang air ini.

Rute Jalan Salib tersedia di lokasi Gua Maria ratu Besokor ini, Jalan setapak paving block menuntun para peziarah merenungkan kisah sengsara Yesus Kristus dari satu stasi ke stasi selanjutnya berjalan mengelilingi Lokasi, melewati medan yang menanjak maupun menuruni perbukitan.

Tempat ziarek Gua Maria Ratu Besokor ini juga merupakan daerah tujuan wisata di kabupaten Kendal. Maka tak heran pada saat liburan akan terjadi lonjakan jumlah kunjungan. Maka untuk para penyasar yang datang ingin mengeluh dan mengaduh kepada Bunda Maria namun tidak ingin dalam suasana ramai, disarankan mengunjunginya pada hari – hari biasa. Selamat mengaduh dan mengeluh.

Contact

Contact
  • Address
    Krajan, Pagergunung, Pageruyung, Kendal Regency, Central Java 51361
  • Category
    Wisata Religi
  • Location
    Jawa Tengah
  • Tags
    air suci, besokor, bunda maria, goa, goa bunda maria ratu, goa maria, jalan salib, kendal, makam yesus, ratu, ratu besokor, religi, rohani

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    gratis
  • Patokan Terdekat
    Masjid Baitussalam, Besokor
  • Koneksi Internet
    4g
  • Situasi
    Tenang dan damai

Location

Gua Maria Ratu Besokor Weleri
Get directions

Contact

Gua Maria Ratu Besokor Weleri
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Gua Maria Ratu Besokor Weleri

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%