Gua Maria Sawer Rahmat, di lereng gunung ciremai

Description

Description

Gua Maria Sawer Rahmat yang terletak di lereng gunung Ciremai ini sangatlah cocok untuk kegiatan meditasi. Lokasi tepatnya terletak di desa Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat. Untuk mencapainya para penyasar dapat menggunakan jalan tol trans jawa dengan melalui pintu exit Kuningan. Desa Cisantana berjarak kurang lebih 50 km dari pintu keluar menuju ke dataran tinggi kabupaten Kuningan, Jawa barat.

Dalam perjalanan menuju Gua Maria Sawer Rahmat ini, para penyasar akan di manjakan oleh udara khas pegunungan yang sejuk. Akses jalan yang cukup baik dan di apit oleh area pertanian dan persawahan penduduk. Setelah mencapai Desa Cisantana, para penyasar dapat memarkirkan kendaraan pada area parkir yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Lalu kemudian mulai berjalan ‘mendaki’ sekitar kurang lebih 30 menit untuk mencapai area Gua Maria Sawer Rahmat tersebut. Dikarenakan tipisnya udara khas pegunungan, maka perjalanan menjadi sedikit lebih berat dan melelahkan.

Perjalanan pada pagi/ siang hari adalah yang paling direkomendasikan. Hal itu dikarenakan akses penerangan sepanjang jalur ‘pendakian’ menuju ke Gua Maria masih lah terbatas. Dan rimbunnya pepohonan di sekelilingnya membuat daerah tersebut lebih cepat gelap. Tidak disarankan bagi para penyasar yang berusia lanjut (70 tahun lebih) karena medan yang cukup berat.

Sejarah adanya Gua Maria Sawer Rahmat

Daerah Cigugur sendiri merupakan daerah penyebaran agama Katholik pada jaman dahulu. Sehingga tidak heran hampir 50 % dari penduduknya beragama nasrani ( Katholik / Kristen). Toleransi antar umat beragama di daerah ini sangatlah tinggi. Tidak heran apabila ditemukan Masjid besar bersebelahan dengan Gereja ataupun Pura.

Awalnya para penduduk menggagas dibangunnya sebuah tempat untuk bersembayang. Akhirnya pada tahun 1990 mulai di bangun gua Maria Sawer Rahmat ini di sebuah bukit yang bernama bukit Totombok. Bukit ini terletak di lereng gunung Ciremai, tepatnya sebelah timur nya Gunung Ciremai. Ketinggian nya mencapai 800 meter dari permukaan air laut.

Hingga tepatnya pada tanggal 21 Juli 1990, Gua Maria Sawer Rahmat diresmikan oleh Kardinal Tomko. Merupakan bagian dari Gereja Katholik Kristus Raja paroki Cigugur yang beralamat di Jl. Rumah sakit no 7, Cigugur, Kuningan. Maka para penyasar yang ingin mendapatkan informasi kegiatan dapat mendatangi paroki tersebut.

Daya Tarik Gua Maria Sawer Rahmat

Tentunya yang unik dari Gua Maria Sawer Rahmat ini salah satunya adalah lokasi. Lokasinya yang merupakan daerah lereng gunung Ceremai membuat Gua Maria ini menjadi Gua Maria yang paling alami yang tim Sukanyasar pernah kunjungi. Dimulai dari sebuah balairung terbuka yang digambarkan sebagai taman getsemani, para penyasar dapat menyusuri prosesi kegiatan doa Jalan Salib. Doa yang menapak tilas kisah sengara Tuhan ini memiliki 14 bagian. Tiap bagiannya disebut oleh para umat sebagai ‘pemberhentian’.

Jadi setelah para penyasar mendapati Taman Getsemani, penyasar akan menyusuri 14 kali pemberhentian sebelum mendapati Gua Maria. Gua Maria yang merupakan obyek utama di tempat ziarah ini berada setelah pemberhentian ke 14.

Terdapat sebuah pohon beringin yang cukup besar di lokasi Gua maria. Awalnya selain untuk mengejar nafas setelah mendaki kurang lebih 30 menit itu, para penyasar juga dapat mengambil air suci untuk diminum. Air Suci yang terdapat pada Gua Maria Sawer Rahmat terletak pada kiri Gua, dan ada yang telah disaring dengan proses penyaringan modern. Kesegarannya sungguh menyejukkan tubuh dan hati kita. Dan tentunya setelah disegarkan, adalah waktu yang tepat untuk duduk dan berdoa kepada Tuhan melalui pertolongan IbuNya. Yang pasti tidak akan pernah di tolakNya.

Dan pada akhirnya setelah mengucap syukur, saatnya kembali ke area parkir. Diharapkan untuk lebih berhati – hati karena mayoritas perjalanan pulangnya akan menyusuri tangga dan turunan sehingga lebih rawan terjatuh. Dan sebelum meninggalkan area Gua Maria Sawer Rahmat, kita dapat membeli oleh – oleh khas Kuningan yaitu Tape Ketan berbungkus daun jambu air. Tentunya juga untuk berbagi kepada warga para pedagang yang berada di sekitar Gua Maria Sawer Rahmat ini.

 

Contact

Contact
  • Category
    Buat Keluarga, Wisata Religi
  • Location
    Jawa Barat
  • Tags
    ciremai, goa maria, Jawa Barat, katolik, kuningan, lereng ciremai, religi, sawer rahmat, wisata ciremai

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    gratis
  • Patokan Terdekat
    Gereja Katolik Maria Putri Murni Sejati
  • Koneksi Internet
    4G
  • Situasi
    Tenang dan damai

Location

Gua Maria Sawer Rahmat, di lereng gunung ciremai
Get directions

Contact

Gua Maria Sawer Rahmat, di lereng gunung ciremai
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Gua Maria Sawer Rahmat, di lereng gunung ciremai

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%