Gunung Rinjani, dengan Danau di Puncaknya

Description

Description

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi  kedua di Indonesia(Setelah Gunung Kerinci Di provinsi Jambi). Ketinggiannya mencapai 3.276 mdpl. Gunung Rinjani sendiri merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas lebih dari 41.000 hektar. Secara administratif Gunung Rinjani berada pada 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Lombok Timur, kabupaten Lombok Tengah dan kabupaten Lombok Barat, provinsi Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani merupakan Gunung yang memiliki pesona pemandangan alam yang luar biasa. Tak heran Gunung Rinjani banyak dijadikan sasaran bagi para penyasar yang mencintai kegiatan mendaki gunung dari seluruh Indonesia. Puncaknya biasa nya pada bulan Juli – Agustus bertepatan dengan acara tahunan yang diberi nama tapak rinjani yaitu merayakan acara kemerdekaan Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih di puncak Rinjani.

Tentunya selain pemandangan alam yang luar biasa yang ingin dinikmati para penyasar dari puncak Rinjani, Gunung Rinjani memiliki beberapa pesona lainnya, yang utama pastinya adalah danau Segara Anak. Danau yang terletak di sebelah barat kerucut Rinjani ini adalah   sebuah kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m yang memanjang kearah timur dan barat. Kedalamannya mencapai 230 meter. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Danau Segara Anak ini memiliki keunikan selain berada di tengah gunung, suhu airnya juga lebih hangat daripada suhu ruang disana.

Disekitar Danau Segara Anak terdapat lahan yang cukup luas dan datar, dapat digunakan untuk tempat berkemping/berkemah, juga pengunjung bisa memancing ikan di danau atau berendam di air panas yang mengandung belerang. Di Danau Segara Anak ini terdapat ikan jenis ikan mas dan mujair yang benihnya memang ditebar oleh penduduk sekitar, tentunya para penyasar dapat memancing secukupnya saja.

Objek lainnya di sekitar Danau Segara Anak adalah Hulu Sungai Koko Puteq ± 150 meter dari Danau Segara Anak. Selain itu terdapat pula Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung, Goa Susu dipercaya dapat dijadikan media becermin diri serta sering pula dipergunakan sebagai tempat bermeditasi. Sedangkan di bagian bawah Danau Segara Anak terdapat sumber air panas (Aik Kalak Pengkereman Jembangan) yang biasa digunakan untuk menguji dan memandikan benda-benda bertuah (Pedang, Keris, Badik, Tombak, Golok, dll) dimana jika benda-benda tersebut menjadi lengket apabila direndam itu menandakan benda-benda tersebut jelek/tidak memiliki kekuatan supranatural, sebaliknya apabila benda-benda tersebut tetap utuh berarti benda tersebut memiliki kekuatan supranatural/dipercaya memiliki keampuhan.

Ada beberapa aturan yang sebaiknya tidak dilakukan para penyasar terkait kearifan lokal yang dipercaya.Yakni, para penyasar juga sebaiknya menghindari menyebut beberapa nama hewan yang tidak hidup di gunung, seperti dedupak (kerbau), cecakar (ayam), dan jojak lendang (kambing).

Gunung Rinjani dipandang sebagai tempat keramat, tempat segala makhluk halus berdiam. Para jin, seperti halnya manusia, juga melakukan kegiatan ekonomi, seperti berladang. Maka Tak heran para penduduk sekitar masih memegang dan menjalankan tradisi adatnya disana. Salah satunya adalah upacara Roah Asuhan Gunung. Yaitu sebuah tradisi adat pada akhir musim kemarau untuk memohon agar Gunung dan kehidupan di bawah gunung menjadi hidup kembali.

Untuk mendaki ke Puncak Rinjani diperlukan 3 – 4hari perjalanan sehingga persiapan logistik jelas wajib di perhatikan. Nah untuk mencapai puncak Rinjani para penyasar biasanya dapat melalui 3 jalur :

  1. a) Jalur pendakian via Desa Sembalun
    b) Jalur pendakian via Desa Senaru dan
    c) Jalur pendakian via Desa Torean

Masing-masing jalur pendakian ini memiliki karakter yang berbeda, seperti jalur pendakian via Desa Sembalun yang relatif datar yang sangat cocok bagi para tracker. Jalurnya yang landai dan didominasi oleh padang savanna, juga terik matahari yang sangat menyengat akan membuat perjalanan menjadi sangat berbeda dibandingkan dengan jalur pendakian yang biasa ada di pegunungan Pulau Jawa. Pemandangan lembah hijau juga akan ditemukan beberapa saat menuju pelawangan. Pemandangan Selat Alas dan Sumbawa yang sangat menakjubkan juga kita bisa dapatkan lewat jalur pendakian ini.

Jalur melalui Desa Senaru memiliki track yang relatif terjal  spot terbaik bagi para tracker dan pendaki menginginkan sensasi pendakian yang tidak biasa. Mendaki di jalur ini, artinya kamu juga menggunakan jalur yang sama dengan jalur pendakian yang dilakukan oleh masyarakat di danau Segara Anak dan puncak gunung Rinjani. Lelah karena jalur pendakian yang “menantang” ini akan terbayar ketika kita sudah sampai Danau Segara Anak yang sangat indah dan terkenal itu. Para penyasar bisa memilih untuk menginap di danau atau melanjutkan perjalanan ke puncak via Pelawangan Sembalun selama 4 jam dengan pendakian yang terjal juga.

Dibandingkan dengan dua jalur sebelumnya, jalur Torean adalah jalur pendakian menuju puncak rinjani yang paling tidak populer. Yang menarik, melalui jalur ini para penyasar dapat berendam air panas alami yang mengandung belerang di beberapa titik perjalanan. Jalur ini menawarkan panorama yang tidak kalah menakjubkan dibandingkan dua jalur sebelumnya. Pemandangan ladang jagung, kebun kakao, kawasan penggembalaan ternak, hutan lebat, tebing, lembah, sungai, air terjun, dan juga sumber air panas alami (beberapa diantaranya mengalir di dalam gua).

Pelawangan Sembalun Lawang adalah tempat yang pasti dilewati oleh para penyasar sebelum menuju puncak. Lokasi ini terletak persis di lereng penyangga Danau Segara Anak. Biasanya kawasan ini ramai dari sore untuk melihat sunset sampai menjelang dini hari sembari menghabiskan waktu yang tersisa untuk beristirahat dan melanjutkan ke puncak dengan menyaksikan keeksotisan danau Segara Anak Pemandangan sunset ataupun sunrise di Pelawangan Sembalun juga tidak bisa dianggap remeh. Fenomena yang sangat luar biasa itu adalah alasan mengapa sebagian para penyasar memutuskan untuk berada disana sebelum dan setelah proses pendakian. Air bersih juga terdapat cukup banyak di wilayah ini.

Para penyasar yang ingin melakukan Summit Attack (Aktivitas menuju ke puncak) biasanya meninggalkan tenda dan logistiknya di lokasi ini. Namun hati-hati, keberadaan monyet gunung liar di sekitar kawasan ini harus diwaspadai. Aktivitas Summit Attack mulai dilakukan penyasar pada pukul satu atau dua dini hari. Hal ini dilakukan agar para penyasar dapat menikmati sunrise yang sangat indah di ketinggian puncak rinjani. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai puncak dari Pelawangan Sembalun adalah sekitar 3-5 jam pendakian.

Penyasar yang memutuskan untuk mengakhiri perjalanannya di puncak gunung Rinjani diharuskan untuk meniti bibir kawah yang tipis dengan fasilitas keamanan yang tergolong seadanya. Pasir kasar, batu dan tanah kering menjadi hal-hal yang akan kita temui menuju puncak.

Seperti layaknya pendakian di gunung – gunung tinggi lainnya, para penyasar harus bersabar karena langkah yang dilakukan cukup menantang. Selain pemandangan jurang yang sangat terjal, langkah kaki yang turun akibat melewati jalur berbatu ini (satu langkah naik diikuti dengan setengah langkah turun) akan menjadi pengalaman lain yang juga tidak dapat dilupakan. Namun, ketika kaki kita menjejak tanah tertingginya, panorama luar biasa yang tidak dapat dilukiskan lewat kata-kata menjadi bayaran yang sangat setimpal untuk setiap kesulitan yang kita hadapi sebelumnya. Jika cuaca cerah, panorama Gunung Agung di Bali, Gunung Raung di Banyuwangi dan Gunung Tambora di Sumbawa terlihat sangat jelas dari ketinggian.

Tentunya Gunung Rinjani layak dijadikan sebuah sasaran nyasar para penyasar yang menyenangi kegiatan wisata dengan minat khusus. Juga dapat dijadikan alternatif sasaran nyasar apabila para penyasar mengunjungi pulau Lombok yang wisata pantainya sangat beragam dan luar biasa keindahannya itu. Sekali ini adanya Gunung Rinjani akhirnya akan menambah kamus keindahan alam di Indonesia yang harus disasar sebelum menghadap Sang Pencipta. Tetap Sehat, Tetap Semangat, Salam Nyasar!

Contact

Contact
  • Address
    Nusa Tenggara Barat
  • Category
    Alam Perawan
  • Location
    Lombok
  • Tags
    gunung, gunung berapi, kaldera, kerinci, lombok, ntb, nusa tenggara barat, rinjani, segara anak, trekking, volcanic

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    -
  • Patokan Terdekat
    NTB
  • Koneksi Internet
    mistis
  • Situasi
    Sejuk kas pegunungan

Location

Gunung Rinjani, dengan Danau di Puncaknya
Get directions

Contact

Gunung Rinjani, dengan Danau di Puncaknya
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Gunung Rinjani, dengan Danau di Puncaknya

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%