Kali Kuning

Description

Description

Di balik keganasan erupsi Gunung Merapi Yogyakarta pada 2010 lalu, ternyata di lereng-lereng Merapi menyimpan potensi keindahan alam yang mempesona. Salah satunya Kali Kuning yang terletak di sisi selatan lereng Gunung Merapi.

Daya Tarik Kali Kuning

Tak butuh waktu lama bagi lokasi ini untuk menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Yogyakarta. Panorama alamnya yang memikat, ditambah lagi dengan pengelolaan apik yang melibatkan masyarakat setempat, membuat kawasan wisata ini dibanjiri pelancong terutama setiap akhir pekan.

  • Trekking, Menelusuri Keindahan Kali Kuning

Salah satu kegiatan favorit para wisatawan di sini ialah trekking. Kita akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus, rasamala, dan puspa. Ditambah lagi suara gemericik air yang menenangkan hati. Belum lagi kecantikan bunga kantung semar yang mekar juga bisa kita jumpai. Kali Kuning, bersumber dari mata air bernama Umbul Wadon. Mata air ini berada di ketinggian 1.250 mdpl. Mata air Umbul Wadon merupakan hulu dari daerah aliran sungai Opak, Progo, dan Oya.

  • Beragam Spot Selfie untuk Mempercantik Media Sosial Kita

Di lokasi ini, kita bisa menambah koleksi foto yang bisa diunggah ke media sosial. Terdapat berbagai spot menarik untuk berfoto. Selain itu, ada pula jembatan yang menjadi icon Kali Kuning. Tidak hanya untuk iseng atau foto selfie, tetapi kalangan fotografer profesional pun kerap hunting foto di jembatan ini. Jembatan Kali Kuning berdiri sekitar 30 meter dari dasar sungai.

  • Mencoba Panjat Tebing yang Menantang

Jika kita termasuk mahir memanjat tebing, kita bisa menjajal tebing andesit yang menantang di kawasan wisata ini. Gugusan batuan andesit yang kerap dijadikan arena panjat tebing ini terbilang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Ada cukup banyak daerah di Kali Kuning yang memiliki bentukan tebing andesit. Untuk mencapai tebing andesit, kita hanya perlu berjalan sejauh 1 km menuju arah Kali Adem di rute jalan setapak yang biasa dilewati warga setempat untuk mencari rumput.

  • Menikmati Pemandangan Megahnya Bukit Plawangan dan Gunung Merapi

Di sebelah selatan, kita bisa menikmati pemandangan Bukit Plawangan dengan pohonan yang rimbun. Sementara itu, kemegahan Gunung Merapi dapat dinikmati pemandangannya dari ujung sebelah utara. Pemandangan kedua dataran tinggi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung Kali Kuning.

  • Pohon-Pohon Unik di Kali Kuning

Selain fauna pegunungan yang sesekali bisa ditemukan, di kawasan ini juga terdapat pohon-pohon unik. Ada pohon Saga yang bisa hidup justru ketika ada erupsi. Pohon tersebut memang tumbuh subur saat terkena suhu panas. Kemudian ada pohon Puspa, yang masih bisa tumbuh walaupun sudah kering terbakar awan panas, asalkan akar-akar pohonnya masih menancap di tanah.

Lokasi

Kali terletak di Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Jika perjalanan dimulai dari Yogyakarta, rute yang dapat diambil adalah Jalan Kaliurang – Pasar Pakem, kemudian belok kanan ke arah timur menuju Kali Kuning.

Fasilitas

Fasilitas di lokasi wisata ini terbilang lengkap. Di sana terdapat pusat informasi, warung jajanan, penginapan dengan harga terjangakau, toilet, dan lahan parkir.

Harga

Harga tiket masuk ke Kali Kuning adalah Rp 3.000. Jika ingin berkemah, Kita akan dikenakan tarif Rp 20.000,

 

Jika kita ingin menyejukan mata, melepas kepenatan dan menyatu dengan alam, serta beraktifitas fisik, berwisata ke Kali Kuning bisa menjadi salah satu pilihan.

Contact

Contact
  • Address
    Cangkringan, Sleman, Yogyakarta
  • Category
    Alam Perawan
  • Location
    Jogja
  • Tags
    hunting foto, jogja, kali kuning, merapi

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 Jam
  • Harga
    Rp 2000

Location

Kali Kuning
Get directions

Contact

Kali Kuning
  • By Wahyu Setya
  • Email: Wahyusetyapmd@gmail.com

Ratings

Kali Kuning

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%