Klenteng Sam Poo Kong

Description

Description

Klenteng Sam Poo Kong ini terletak di kawasan Simongan, Semarang. Bangunan khas China ini digunakan untuk beribadah kaum Tridharma, sebagai tempat peringatan, berziarah, dan tempat wisata. Walaupun bangunan ini bernuansa China, tetapi banyak pula pengunjung muslim yang datang ke tempat ini.
Bangunan ini merupakan peninggalan dari laksamana muslim asal China, yaitu Cheng Ho. Inti dari bangunan ini adalah Goa Batu, yang konon katanya Goa tersebut berada di bawah bangunan klenteng ini.

Daya tarik

Bangunan berwarna merah khas China serta ukiran-ukiran di setiap dindingnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.
Klenteng-klenteng yang indah nan elok tentu menjadi spot foto terfavorit. Tak hanya itu, pintu besar yang ada disana pun turut menjadi spot foto terfavorit.
Patung-patung para laksamana yang ada di halaman pun turut menghiasi tempat ini. Di halaman besar inilah biasanya pagelaran budaya maupun event di laksanakan.
Patung Cheng Ho, merupakan ikon tempat ini dan tentunya menjadi spot foto favorit para pengunjung. Patung Cheng Ho ini dapat kamu temui ketika kamu memasuki area Klenteng, patung ini sangat besar dan kokoh sehingga kamu dapat dengan mudah menemukannya.
Disini juga tersedia penyewaan baju khas Tiongkok, jadi pengunjung bisa mengabadikan moment disini lengkap dengan pakaian adatnya!
Di dalam kawasan ini juga terdapat dua kolam ikan yang menjadi tempat anak-anak bermain sambil memberi makan para ikan.

Fasilitas

1. Toilet
2. Musholla
3. Kantin
4. Area parkir
5. Gazebo
6. Pusat Informasi
7. Toko Cenderamata

Golden Time

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat weekdays. Berkunjunglah saat sore hari, karena cuacanya yang tidak terlalu panas.

Biaya

Bangunan ini merupakan lokasi wisata berbayar, berikut biaya nya:
Weekdays :
1. Dewasa : Rp 5.000
2. Anak-anak : Rp 3.000
Weekend :
1. Dewasa : Rp 8.000
2. Anak-anak : Rp 5.000
Masuk Area Sembahyang : Rp 20.000
Pengunjung bisa langsung membeli tiket terusan yaitu tiket untuk masuk area klenteng dan tiket untuk masuk area sembahyang.
Pengunjung yang datang untuk beribadah, harus tetap membeli tiket tetapi setelah selesai sembahyang datanglah kembali ke loket, petugas loket akan mengembalikan uang yang telah dibayarkan.
Biaya penyewaan baju : Rp 100.000

Lokasi

Lokasi tempat wisata ini cukup dekat dengan pusat kota Semarang, hanya berjarak 5 km dan dapat ditempuh menggunakan sepeda motor atau mobil selama kurang lebih 25 menit.
Rute tercepat dari pusat kota Semarang yaitu melalu Jl. Veteran ambil arah Bandara Ahmad Yani, sampai bertemu dengan RSUP Dr. Kariadi belok kiri, selanjutnya ikuti papan petunjuk menuju klenteng Sam Poo Kong, Klenteng ini berada di sebelah kiri jalan setelah jembatan.
Untuk ke lokasi ini pun dapat ditempuh dengan transportasi umum yaitu Bus Trans Semarang. Berikut rute nya :
Semarang Barat : naik dari Terminal Mangkang turun di shelter ADA Bulu, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 1km atau naik ojek atau becak
Semarang Utara : naik bus tujuan terminal Terboyo, turun di shelter RSUP Dr. Kariadi, lalu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 800 meter atau gunakan mode transportasi ojek atau becak.
Semarang selatan : naik bus dari Banyumanik dengan jurusan terminal sisemut-Terboyo, turun di shelter RSUP Dr. Kariadi, lalu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau gunakan mode transportasi ojek atau becak. Untuk alternatif, bisa juga naik bus kota jurusan Banyumanik-Mangkang turun di depan lokasi.
Untuk tarif Bus Trans Semarang cukup terjangkau yaitu Rp 3.500 dan untuk bus kota Rp 4.000.

Di Semarang sendiri, terdapat banyak sekali wisata bertemakan religi maupun sejarah seperti klenteng Sam Poo Kong ini. Terdapat Pagoda tertinggi yaitu Pagoda Avalokitesvara yang terletak disisi utara semarang, juga ada wisata bertemakan oldies seperti Kota Lama dan Lawang Sewu. Jadi pastikan waktu kamu cukup senggang ketika mengunjungi kota semarang, setidaknya luangkan waktu untuk mengunjungi 7 tempat wisata eksotis semarang.

Reminder

Tempat ini merupakan tempat ibadah, jadi mohon ikutilah peraturan yang ada dan janganlah melanggar larangan yang tersedia. Dimohon untuk tidak merokok. Tidak melakukan tindakan asusila atau perbuatan amoral remaja. Tetap perhatikan norma kesponan dan tata krama. Apabila membawa makanan atau minuman, dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mengotori objek yang ada di area klenteng. Berhati-hatilah dalam mengambil foto, tidak semua objek yang ada di kawasan ini dapat dijadikan spot foto. Selalu perhatikan barang bawaan kamu. Untuk para orang tua pastikan sang anak berada di bawah pengawasan. Selalu perhatikan kebersihan dan kelestarian objek wisata tersebut. Pada siang hari, gunakanlah penutup kepala dan krim kulit pelindung sinar matahari serta gunakanlah masker untuk yang alergi debu.

Baca :
Amoral dalam KBBI adalah tidak bermoral ; tidak berakhlak.

 

Contact

Contact
  • Address
    Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang Bar., Kota Semarang Jawa Tengah 50148
  • Phone
  • Category
    Buat Keluarga, Oldies, Wisata Religi
  • Location
    Jawa Tengah, Semarang
  • Tags
    hunting, klenteng, klenteng semarang, sam poo kong, semarang

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    Pukul 09:00 – 21:00
  • Harga
    Rp 5.000 – Rp 8.000 (dewasa) / Rp 3.000 – Rp 5.000 (anak-anak)
  • Patokan Terdekat
    RSUP Dr. Kariadi
  • Koneksi Internet
    4G
  • Situasi
    Tentram

Location

Klenteng Sam Poo Kong
Get directions

Contact

Klenteng Sam Poo Kong
  • By Fitra Kurnia
  • Email: Fitrakurnias@yahoo.com

Ratings

Klenteng Sam Poo Kong

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%