KOTA LAMA

Description

Description

Kalau Jakarta punya Kota Tua, Semarang punya Kota Lama. Kawasan kota lama dahulunya merupakan pusat perdagangan dan pemerintahan kota Atlas. Kota lama ini dibangun dengan model perumahan yang ter-konsep dan tentunya memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Pada zaman dahulu, kota lama dikenal masyarakat dengan sebutan Outstadt dikelilingi dengan gedung-gedung mewah yang dijadikan kantor pemerintah Belanda.

Di kawasan kota lama ini terdapat banyak objek wisata yang menarik yang dapat kamu kunjungi. Berikut tempat populer di kawasan kota Lama :

Gereja Blenduk, merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan kota lama. Gereja ini merupakan gereja tertua di Jawa Tengah. Nama gereja ini sebenarnya menggunakan bahasa Belanda yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel, nama gereja Blenduk karena kubah gerejanya yang berbentuk cembung yang dalam bahasa jawa disebut Mbelenduk. Jadi tercetuslah Gereja Blenduk.
Gereja ini masih aktif sebagai tempat peribadatan umat Kristen Protestan. Para wisatawan diperbolehkan masuk apabila sedang tidak ada ibadah. Wisatawan yang berkunjung akan diminta biaya pemeliharaan sebesar Rp 10.000.

Di sisi timur gereja Blenduk terdapat sebuah taman yang dinamakan Taman Srigunting. Taman ini dahulunya digunakan untuk latihan baris berbaris para tentara Belanda. Di taman ini kamu bisa duduk-duduk santai sambil menikmati pertunjukan musik jalanan, berkumpul, berdiskusi, dan tentunya berfoto.
Di taman ini kamu bisa melihat Gedung Spiegel dan Marba yang sering dijadikan spot foto terfavorit para pengunjung. Selain itu, di taman ini tersedia pula properti untuk foto berupa sepeda dan becak hias. Properti ini bisa kamu gunakan dengan membayar seikhlasnya, loh!

Disamping taman srigunting kamu dapat menemukan Pasar Kletikan. Untuk kamu yang suka dengan barang kuno, disinilah tempatnya! Barang yang dijual di pasar ini, semakin kuno semakin mahal harganya. Nah jadi untuk belanja di pasar ini dibutuhkan kemampuan menawar.
Kalau kamu tidak ingin membeli, tidak apa kok. Kamu diperbolehkan untuk berfoto di pasar ini, tetapi jangan sampai mengganggu aktifitas jual beli dan merusak barangnya ya, setelah berfoto kamu akan diminta biaya perawatan seikhlasnya loh!

Di kawasan kota lama ini juga terdapat museum dnegan sentuhan modern yang sangat populer. Semarang Contemporary Art Gallery dan Old City 3D Art Museum. Semarang Contemporary Art Gallery atau biasa disebut Galsem ini terletak tak jauh dari Gereja Blenduk dan Taman Srigunting. Untuk berkunjung ke gallery ini kamu diharuskan membeli tiket masuk seharga Rp 10.000/orang.

Old city 3D Art Museum yang terletak di JL. Letjend Soeprapto No.26 ini merupakan objek wisata baru yang ada di kawasan kota Lama. Seperti namanya, museum ini menyajikan lukisan-lukisan 3D yang keren. Hanya mengandalkan posisi angle kamu dalam mengambil foto, hasilnya akan terlihat nyata! Untuk menikmati lukisan-lukisan ini, kamu perlu membeli tiket masuk seharga Rp 50.000/orang.
Dan masih banyak lagi spot-spot foto di kawasan kota lama ini yang tidak boleh kamu lewatkan. Eits, setelah berfoto kamu bisa langsung mencicipi beragam kuliner yang ada disana loh.

Lokasi
Kota lama merupakan icon dari kota Semarang, sehingga kamu tidak sulit untuk menemukan kawasan ini. Untuk mencari jalan menuju kawasan ini kamu dapat menggunakan petunjuk jalan dari smartphone kamu.
Kawasan ini juga dapat diakses dengan kendaraan umum. Kamu bisa naik bus trans Semarang dari koridor II yang dapat diakses dari terminal Terboyo dan koridor IV yang dapat diakses dari stasiun Tawang, Poncol, dan Bandara Ahmad Yani. Kota lama ini termasuk tempat wisata eksotis semarang jadi sayang baget kalau dilewatkan.

Reminder
Untuk para perokok dimohon untuk tidak membuang puntung rokok sebelum dimatikan dan buanglah pada tempatnya. Perhatikanlah norma kesopanan dan tata krama. Tidak melakukan tindakan asusila atau perbuatan amoral remaja. Untuk kamu yang ingin berkunjung, perhatikanlah jam operasional setiap objek wisata yang ingin kamu kunjungi. Untuk mengunjungi tempat peribatan seperti gereja Blenduk, perhatikanlah sedang ada ibadah atau tidak. Selalu perhatikan barang bawaan kamu. Untuk para orang tua pastikan anak anda berada di dalam pengawasan mu. Selalu menjaga kebersihan dan kelestarian objek wisata yang kamu kunjungi.

Baca :
Amoral dalam KBBI adalah tidak bermoral ; tidak berakhlak.

 

Contact

Contact
  • Address
    Jl. Letjen Suprapto No.22, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174
  • Category
    Buat Keluarga, Oldies
  • Location
    Jawa Tengah, Semarang
  • Tags
    gereja blenduk, kota lama, Museum semarang, oldies, semarang, taman srigunting, wisata eksotis, wisata eksotis semarang

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    Gratis
  • Patokan Terdekat
    Taman srigunting
  • Koneksi Internet
    4G
  • Situasi
    Tentram

Location

KOTA LAMA
Get directions

Contact

KOTA LAMA
  • By Fitra Kurnia
  • Email: Fitrakurnias@yahoo.com

Ratings

KOTA LAMA

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%