PANCURAN 7 BATURADEN

Description

Description

Pancuran 7 (Pitu dalam bahasa jawa atau Tujuh bahasa Indonesia nya) merupakan salah satu kawasan wisata yang terletak dalam lingkungan Lokawisata Baturaden. Merupakan sumber air panas bumi yang terpancar langsung dari kaki Gunung Slamet yang keluar melalui tujuh pancuran atau lubang.

Wisata yang terletak di lereng Gunung Slamet ini mengeluarkan air panas yang mengandung belerang. Air panas belerang ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, sehingga banyak wisatawan yang datang memang untuk berendam air panas disini.

Lokasi yang masih dapat disebut alam perawan ini terhitung terjal, dimana untuk menuju Pancuran 7 harus mendaki anak tangga yang cukup banyak, sehingga disarankan untuk mempersiapkan fisik sebelum memasuki wisata ini. Apabila dengan orang tua, atau malas berjalan jauh, dapat menggunakan kendaraan pribadi / menggunakan jasa angkut untuk menuju Pancuran 7.

Daya Tarik

Daya tarik dari Pancuran 7 paling utama adalah keunikan nya, dimana air yang dikeluarkan melalui 7 pipa dan dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kulit

Selain itu, alam yang dibilang masih perawan ini cocok untuk melepaskan lelah bekerja kembali ke alam.

Alam dengan air panas belerang ini juga cocok bagi orang – orang yang ingin mengabadikan kenangan dalam kamera. Pemandangan di kaki Gunung Slamet, salah satu “cincin api” Indonesia ini memang tidak salah apabila diabadikan.

Fasilitas

  1. Toilet gratis
  2. Penginapan : Penginapan yang disediakan banyak berupa villa / homestay yah. Yang bertipe hotel, harus keluar dari wisata ini dahulu.
  3. Tempat makan : Tempat makan menjual makanan ringan dan berat. Makanan berat seperti mie rebus yang nikmat di santap pada udara yang dingin. Namun untuk harga bervariasi ya, harus pintar – pintar nego agar tidak kena nya mahal
  4. Tempat bermain dan istirahat : Pada perjalanan menuju Pancuran 7 terdapat tempat istirahat yang berupa pendopo – pendopo kecil dan ada juga berupa kursi – kursi. Tidak dipungut biaya, memang dipergunakan untuk wisatawan yang ingin beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke Pancuran 7.
  5. Toko cenderamata : Terdapat kios – kios yang menjual pernak pernik bertemakan Baturaden. Kaos, gelang, sandal,dll dapat Anda temukan di kios – kios ini, dengan harga yang bervariasi.
  6. Jasa pijat kaki : Pijat kaki setelah menuruni ratusan anak tangga pasti akan terdengar menarik. Jasa pijat ini bayar yah, tarif bervariasi antara Rp.50.000 – Rp.100.000 tergantung waktu lama pijatnya.

Lokasi

Lokasi Pancuran Pitu berada di bagian atas perbukitan atau lereng Gunung Slamet yang masuk dalam Wisata Baturaden. Dari Purwokerto, Pancuran 7 dapat Anda capai dengan jarak 15km dengan mengambil arah Gunung Slamet.

Jam Operasional

Jam 08.00 – 17.00 karena penerangan di tempat wisata ini masih terhitung kurang, maka sebelum matahari tenggelam penuh diharapkan pengunjung sudah keluar dari area Pancuran 7.

Harga Tiket

Harga tiket masuk bervariasi, tergantung Anda mengambil tiket terusan atau tidak. Harga tiket masuk ke Pancuran 7 ini Rp.20.000 (update 2018)

 

Catatan:

Suasana yang dingin – dingin hangat (udara pegunungan, hawa air panas belerang), saya sarankan untuk membawa perlengkapan pendukung seperti jaket / obat untuk berjaga – jaga.

Dalam wisata Baturaden terdapat beberapa lokasi wisata, salah satunya Pancuran 7, paabila Anda memiliki waktu yang banyak (dari pagi) tidak ada salahnya untuk membeli tiket terusan untuk mengambah pengalaman wisata bersama keluarga atau rekan Anda.

Jalan menuju Pancuran 7 sangat melelahkan kurang lebih 250-300 anak tangga. Bagi Anda yang tidak yakin menelusuri anak tangga nya, dapat menggunakan jasa angkut yang disediakan. Buat yang punya kemampuan khusus seperti teleport atau terbang, disarankan tidak dipakai disini ya, tetap jaga kerahasiaan identitas kalian sebagai pahlawan super.. 🙂

Seperti biasa guys, ketika mengunjungi wisata air gini usahain selalu bawa baju ganti, karena godaan dari wisata pemandian air panas seperti pancuran 7 maupun nglimut, gonoharjo ga jauh-jauh dari basah-basahan. so pastikan sedia baju ganti sebelum basah!

Tetap cintai wisata Indonesia guys.

Contact

Contact
  • Address
    Adventure Forest, Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151, Indonesia
  • Category
    Alam Perawan, Buat Keluarga
  • Location
    Jawa Tengah
  • Tags
    air panas belerang, Air Terjun, baturaden, pancuran 7, pancuran pitu, pemandian air panas, purwokerto, tempat wisata, tempat wisata baturaden, wisata baturaden

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    07.00-17.00
  • Harga
    20000
  • Patokan Terdekat
    Purwokerto
  • Koneksi Internet
    Lancar jaya
  • Situasi
    Menyenangkan ; Seru

Location

PANCURAN 7 BATURADEN
Get directions

Contact

PANCURAN 7 BATURADEN
  • By Kwon Boa
  • Email: boalovers01@gmail.com

Ratings

PANCURAN 7 BATURADEN

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%