Pantai Patimban, Masih dalam tahap Pembangunan

Description

Description

Pantai Patimban atau yang biasa juga disebut Pantai Kelapa Patimban ini merupakan obyek wisata populer di daerah kabupaten Subang. Obyek wisata bahari ini merupakan salah satu dari obyek wisata yang wajib di kunjungi  para penyasar.

Lokasinya berada di desa Patimban, Pusakanagara, Kabupaten Subang. Tepatnya, para penyasar dapat menyusuri jalan Pantura – Pusakanagara sejauh 10 km. Dan kemudian tepat pada perempatan Pasar Pusakanagara – Compreng, ambil jalur ke utara. Selanjutnya para penyasar tinggal mengikuti jalan itu menuju ke obyek wisata Pantai Patimban.

Daya Tarik

Obyek wisata ini menawarkan keindahan pantai utara yang berupa hamparan laut Jawa yang membentang luas hingga tampak jelas garis cakrawala. Dilengkapi dengan jalur bebatuan menuju mercusuar sangatlah exotis apabila di abadikan dengan kamera. Bebatuan ini di susun untuk menahan abrasi.

Angin khas pantai yang membawa aroma sajian kuliner khas jawa barat itu membuat betah para penyasar yang datang bersama dengan pasangan. Namun bagi para penyasar yang datang bersama dengan keluarga, terutama anak kecil, diharapkan untuk tidak membiarkan anaknya bermain air atau pasir tanpa pengawasanan. Hal ini dikarenakan debur ombak di pantai Patimban ini sangatlah kuat, bahkan pada saat pasang dapat mencapai warung – warung kuliner yang berada di bibir pantai Patimban.

Selain terkenal dengan hamparan pantai yang luas. Pantai Patimban dihiasi dengan banyak pohon kelapa di sekitar pantai. Tampak dari sanalah sebutan pantai kelapa Patimban berasal. Pantai patimban juga terkenal oleh banyaknya warung kuliner yang menjajakan makanan laut khas Sunda.  Salah satu menu andalannya adalah ikan bakar Etong. Ikan Etong terkenal memiliki kulit keras namun empuk dan gurih dagingnya.Ikan yang disajikan di warung – warung sekitar panta Patimban berasal dari tangkapan nelayan yang masih segar. Lalu setelah di bakar disajikan dengan cocolan lombok kecap. Yummm.

Untuk aktivitas selain mengisi perut. Banyak penduduk sekitar Pantai Patimban juga menawarkan jasa sewa sepatu boot untuk digunakan berjalan – jalan menyusuri pantai. Juga ada yang menyediakan perahu yang digunakan oleh para penyasar yang gemar memancing. Dan tentunya yang tak kalah seru adalah kegiatan berswa foto, atau sekedar hunting foto sunset.

Para penyasar dapat melihat progress atau proses pembangunan pelabuhannya dari pinggir pantai. Dari kejauhan, proses pembangunannya mirip dengan pengeboran minyak lepas pantai. Saat ini air laut pantai patimban berwarna coklat dan pasirnya berwarna hitam. Menurut dari penduduk sekitar, ini disebabkan dari proses pembangunan pelabuhan peti kemas itu. Namun pihak pengelola memberikan jaminan bahwa kondisi ini akan menjadi lebih baik setelah proses pengeboran pondasi selesai nantinya.

Banyak sampah berserakan disekitar bibir pantai menggambarkan betapa para penyasar pantai Patimban sangat banyak jumlahnya. Namun demikian kesadaran para penyasar untuk ikut menjaga kebersihan pantai Patimban sangatlah minim. Beruntung para penduduk sekitar pantai Patimban adalah masyarakat yang sadar wisata. Setiap sore, mereka bergantian membersihkan sampah – sampah yang berserakan di pinggir pantai Patimban.

Fasilitas

Fasilitas di pantai patimban ini belumlah cukup baik. Toilet dan kamar mandi disewakan oleh para penduduk sekitar dengan kondisi apa adanya. Masih kotor. Namun demikian, Pantai patimban ini nantinya akan digarap dengan lebih baik lagi. Terdapat perencanaan pembangunan pelabuhan peti kemas oleh pemerintah pusat, yang besarnya tidak kalah dengan pelabuhan Tanjung Priok. Juga rencananya akan dibangun kawasan wisata bahari Grand Patimban, yang pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2015.

Akhir kata, seindah – indahnya pantai pastinya akan rusak dan kotor apabila para penyasar selalu meninggalkan sampah yang menggunung. Ingat, jangan ambil apapun selain gambar dan jangan tinggalkan apapun selain jejak.

 

 

 

Contact

Contact
  • Category
    Buat Keluarga
  • Location
    Jawa Barat
  • Tags
    jabar, Jawa Barat, pantai, patimban, subang, sunset

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    gratis
  • Koneksi Internet
    4g
  • Situasi
    aman terkendali

Location

Pantai Patimban, Masih dalam tahap Pembangunan
Get directions

Contact

Pantai Patimban, Masih dalam tahap Pembangunan
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Pantai Patimban, Masih dalam tahap Pembangunan

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%