Pantai Tanjung Ringgit

Description

Description

Pantai Tanjung Ringgit merupakan salah satu pantai istimewa di Lombok timur. Tepatnya terletak di Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Jadi, jika dilihat dari lokasinya, pantai ini bisa dikatakan sebagai pantai yang lokasinya berada di paling timur Pulau Lombok atau berada sekitar 85 km jauhnya dari Kota Mataram.

Rute Menuju ke Pantai Tanjung Ringgit

Untuk rute menuju ke pantai ini ada 4 alternatif yang bisa dipilih:

  1. Jika perjalanan diawali dari Kota Mataram, kita bisa langsung menuju ke Kota Praya untuk kemudian menuju ke Kecamatan Jerowaru dan selanjutnya langsung ke Desa Pamongkong
  2. Jika berawal dari Bandara Internasional Lombok, kita bisa langsung ke Kota Praya, selanjutnya ke Kecamatan Jerowaru kemudian langsung ke Desa Pamongkong
  3. Jika dari Pelabuhan Lembar, kita bisa menuju ke Kota Gerung dengan melalui By Pass Bandara Internasional Lombok, kemudian langsung ke Penujak lalu ke Kota Praya, dan selanjutnya menuju ke Kecamatan Jerowaru dan terakhir adalah langsung ke Desa Pamongkong
  4. Tetapi jika dari Pelabuhan Kayangan, kita bisa ke Kota Selong terlebih dahulu, kemudian ke Tanjung Luar, lalu ke Kecamatan Jerowaru kemudian ke Desa Pamongkong

Daya Tarik

Pantai Tanjung Ringgit adalah pantai dengan tebing yang sangat curam dan dipenuhi oleh angin laut yang hembusannya sangat kencang. Jika hanya dibayangkan memang sepertinya tidak memungkinkan untuk kita bermain air di pantai ini, tetapi sebenarnya kita bisa berenang ataupun mandi, yakni dengan cara mencari jalan untuk menuju ke bagian bawah tebingnya.

Apakah tebing curam milik Pantai Tanjung Ringgit ini bisa dijadikan objek untuk uji nyali? Kami sarankan agar tidak melakukan hal tersebut karena tebingnya sangat curam dan gelombangnya juga cukup besar, mengingat memang pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Kalaupun ingin berenang, kita harus menunggu waktu yang tepat terlebih dahulu, yakni saat air laut lebih tenang dan anginnya tidak begitu kencang.

Oya, ada beberapa bangunan bersejarah di pantai ini, dimana bangunan-bangunan tersebut adalah peninggalan Jepang sehingga kita bisa sekalian melakukan wisata sejarah. Selain itu, kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan untuk dilakukan di pantai ini adalah camping dan fotografi.

Fasilitas

Belum ada warung yang menjual makanan serta minuman di pantai ini, untuk itu jika ingin datang kesini sebaiknya siapkan perbekalan secukupnya.

Tiket Masuk

Di Pantai Tanjung Ringgit masih belum diberlakukan biaya tiket masuk sehingga kita bisa masuk ke sana tanpa perlu membayar sepeserpun.

Jam Operasional

Kita bebas mendatangi pantai ini jam berapapun yang kita mau, hanya saja kami menyarankan untuk berkunjung ke sana pada jam 09.00 WITA hingga 16.00 WITA.

Penginapan yang Dekat dengan Pantai Tanjung Ringgit

Ada beberapa penginapan di dekat Pantai Tanjung Ringgit jika ingin bermalam di sekitar kawasan ini. Beberapa penginapan tersebut antar lain:

  1. Jeeva Beloam Beach, jaraknya hanya sekitar 2,9 km dari Pantai Tanjung Ringgit
  2. Ekas Breaks yang jaraknya hanya sekitar 14,5 km dari Pantai Tanjung Ringgit
  3. Ekas Sunrise yang jaraknya  hanya sekitar 15,9 km dari Pantai Tanjung Ringgit
  4. Dreamtime Sumbawa yang jaraknya hanya sekitar 18,3 km dari Pantai Tanjung Ringgit

Demikian review kami tentang obyek wisata Pantai Tanjung Ringgit. Mengingat pantai ini adalah pantai dengan tebing yang curam, serta dengan akses yang juga kurang bersahabat, maka pantai ini kurang begitu direkomendasikan untuk objek wisata keluarga, apalagi dengan membawa anak-anak.

Contact

Contact
  • Address
    Jl. Lingkok siwaq, Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • Category
    Alam Perawan
  • Location
    Lombok
  • Tags
    alam, outdoor, pantai

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    Gratis
  • Patokan Terdekat
    Desa Pamongkang
  • Koneksi Internet
    misterius
  • Situasi
    Santai Pantai

Location

Pantai Tanjung Ringgit
Get directions

Contact

Pantai Tanjung Ringgit
  • By Suka Nyasar
  • Email: kitasukanyasar@gmail.com

Ratings

Pantai Tanjung Ringgit

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%