Pantai Wedi Ireng

Description

Description

Jika berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa sempatkan untuk mampir ke obyek wisata Pantai Wedi Ireng. Pantai ini memang belum terlalu terkenal bila dibandingkan dengan Pulau Merah yang ada di Banyuwangi. Suasananya pun masih terbilang hening dan asri karena belum terlalu sering dijamah wisatawan. Tentunya dengan kondisi tersebut, membuat pantai ini menjadi sangat eksotis dan sensasi alaminya begitu terasa.

Nah, ingin tahu seperti apa kira-kira pesona yang tersimpan di salah satu teluk hijau Banyuwangi ini? Berikut kami bagikan ulasannya.

Lokasi Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng ini berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini berada dekat dengan Pantai Pulau Merah. Kedua pantai ini hanya berjarak 5 kilometer. Dari pusat Kota Banyuwangi, pantai ini berjarak 65 kilometer. Pantai ini berada di antara Pantai Merah serta Teluk Hijau.

Rute Menuju Pantai Wedi Ireng

Rute menuju Pantai Wedi Ireng ini cukuplah mudah. Anda hanya perlu mengikuti rute atau papan petunjuk jalan yang menuju Pantai Pulau Merah karena lokasinya saling berdekatan. Anda dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Banyuwangi kemudian melanjutkan perjalanan ke Rogojampi. Setelah itu, barulah Anda dapat ke Srono, lalu ke Muncar. Sampai di perempatan Jajag, ikutilah papan petunjuk jalan menuju Pantai Pulau Merah. Rute ini dapat Anda tempuh selama empat jam perjalanan.

Tarif Masuk Pantai Wedi Ireng

Untuk memasuki kawasan Pantai Wedi Ireng, Anda akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 per orang. Jika Anda menyeberang dari Pulau Merah, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 25.000,00 per orang. Sedangkan apabila Anda menggunakan rute trakking dengan menyeberang anak sungai menuju Pantai Wedi Ireng, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000,00 per orang.

Fasilitas Pantai Wedi Ireng

Fasilitas di salah satu atraksi wisata Banyuwangi ini tidak terlalu berbeda dengan fasilitas wisata di pantai-pantai pada umumnya. Di sana Anda akan menemukan area parkir, beberapa bilik kamar mandi, dan warung-warung kuliner yang menyajikan aneka makanan juga minuman. Ada pula alat snorkling yang dapat disewa oleh para pengunjung.

Daya Tarik

Pantai Wedi Ireng ini memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi. Terdapat teluk dengan pasir putih yang diapit oleh bukit-bukit berwarna hijau. Pasir di pantai ini juga cukup bersih. Beberapa pohon rindang berdiri di sekitar pantai. Pantai Wedi Ireng ini memiliki batuan di tengahnya, sehingga pantai ini tampak terbagi dua bagian.

Tidak hanya pasir putih, pantai ini juga memiliki pasir berwarna coklat dengan tekstur yang kasar. Di sekeliling pantai juga dapat ditemukan hamparan karang yang semakin menambah keindahan.

Wedi Ireng, dalam bahasa Jawa berarti pasir hitam. Istilah wedi ireng digunakan sebagai nama pantai ini karena apabila Anda mengeruk pasir putih di sana, Anda akan menemukan pasir berwarna hitam. Dan ini yang menjadi salah satu daya tarik  dari Pantai Wedi Ireng di Bayuwangi tersebut.

Ditambah lagi dengan ombaknya yang tidak terlalu tinggi, tentunya bisa Anda manfaatkan untuk bermain air atau berenang. Dan bukan hanya itu, Anda juga dapat melihat berbagai keindahan alam bawah laut yang cantik dan eksotis. Banyak terumbu karang dan ikan yang hidup di bawah permukaan air Pantai ini.

Contact

Contact
  • Address
    Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Category
    Alam Perawan, Buat Keluarga
  • Location
    Banyuwangi, Jawa Timur
  • Tags
    alam, Jawa Timur, laut, outdoor, pantai, Traveling

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    Rp.5.000
  • Patokan Terdekat
    Pantai Pulau Merah
  • Koneksi Internet
    3G
  • Situasi
    Alam tenang

Location

Pantai Wedi Ireng
Get directions

Contact

Pantai Wedi Ireng
  • By Suka Nyasar
  • Email: kitasukanyasar@gmail.com

Ratings

Pantai Wedi Ireng

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%