Penangkaran Rusa Tahura Djuanda

Description

Description

Penangkaran Rusa di Tahura Djuanda ini merupakan obyek wisata yang berada tepat di tengah – tengah Taman Hutan Raya Djuanda. Para penyasar dapat melalui pintu 1,2, 3 dan 4 untuk mencapai obyek wisata penakaran rusa ini. Bedanya adalah apabila para penyasar yang datang melalui pintu 1, 2 dan 3 maka para penyasar akan melalui obyek wisata goa belanda dan goa jepang terlebih dahulu. Namun bagi para penyasar yang datang melalui pintu 4 Taman Hutan Raya Djuanda akan melewati beberapa air terjun seperti Air Terjun Lalay (Curug Lalay) dan Air Terjun Omas (Curug Omas). Tepat di tengah – tengah artinya adalah melalui pintu manapun, para penyasar akan berjalan kurang lebih 2,4 – 2,6 kilometer terlebih dahulu menyusuri hutan sebelum mencapai obyek wisata penakaran Rusa di Tahura Djuanda ini.

Untuk mencapai penangkaran rusa ini para penyasar akan menyusuri rimbunnya berbagai jenis pepohonan. Banyak jenis pohon yang juga merupakan jenis pepohonan langka ataupun berasal dari luar negeri. Khusus untuk jenis pohon langka ataupun pohon yang di import dari luar negeri biasanya terdapat plat nama jenis pohon dan asalnya yang di lingkarkan ke batang pohon. Hal ini dikarenakan Taman Hutan Raya Djuanda merupakan juga hutan konservasi yang memiliki keaneka ragaman hayati dengan jenis tumbuhan lebih dari 20.000 jenis.

Para penyasar cukup mengikuti petunjuk jalan guna mencapai penangkaran rusa ini. Jalan didalam Tahura Djuanda ini dibuat simpel dengan hanya memiliki beberapa cabang yang diberi petunjuk, jadi cukup mudah untuk menemukan jalan yang benar. Dan sebagai catatan para penyasar yang datang melalui pintu 4: para penyasar mungkin tidak akan menemui lagi warung yang menjajakan makanan dan minuman sepanjang jalan menuju ke obyek wisata penakaran rusa, selain warung makanan dan minuman yang berada pada curug Omas. Memang terdapat beberapa warung disepanjang jalan dari curug omas menuju ke penangkaran rusa ini, namun kami tidak mendapati satupun yang buka pada saat itu. akan tetapi, jangan khawatir karena tepat pada obyek wisata penakaran rusa, para penyasar akan menemui warung penjaja makanan dan minuman yang menyediakan berbagai jenis minuman dan makanan seperti air mineral dan mie instan. Juga terdapat kamar mandi/toilet di obyek wisata penakaran rusa ini.

Setelah melewati jembatan besi bendungan PDAM, sampailah para penyasar ke obyek wisata penakaran rusa. Rusa yang berada pada obyek wisata penakaran rusa ini sudah terbiasa oleh kehadiran manusia. Jadi dapat di katakan jinak. Rusa – rusa ini merupakan jenis rusa tutul yang merupakan juga hewan dilindungi. Tepat berada pada kaki bukit, penakaran rusa ini dikelilingi oleh kawat berduri dan bambu. Untuk beriteraksi dengan para rusa, para penyasar dapat masuk ke kandang rusa dan ber swa foto maupun sekedar membelai para rusa itu. Namun hendaklah para penyasar sedikit berhati – hati pada rusa yang sedang beradu tanduk. Rusa yang beradu tanduk itu biasanya merupakan rusa yang berebut tahta menjadi rusa yang terdominan. Dan biasanya lebih agresif daripada rusa lainnya.

Untuk hiburan para penyasar kecil, pada obyek penakaran rusa ini juga disediakan wortel yang di jual per ikat. Wortel ini dapat di gunakan para penyasar kecil untuk memberikan pakan langsung dari tangan (handfeeding) yang fungsinya untuk merangsang keberanian para penyasar kecil terhadap hewan. Kemudian setelah 15-30 menit bermain di obyek wisata penakaran rusa ini, saatnya para penyasar melanjutkan perjalanan. Mengingat obyek wisata penakaran rusa ini berada di tengah – tengah taman hutan raya Djuanda maka hendaklah para penyasar dapat mengukur waktu kurang lebih 1-1,5 jam guna kembali keluar dari taman hutan raya itu. Dikarenakan pepohanan yang sangat rimbun dan berdempetan maka pada jam 3 atau 4 sore biasanya hutan raya Djuanda ini menjadi bertambah gelap. Namun jangan khawatir karena biasa nya tukang ojek akan menunggu para penyasar (yang ingin keluar melalui pintu 4) pada obyek wisata curug Omas untuk meringankan beban dan penderitaan para penyasar yang sudah kecapaian.

Contact

Contact
  • Address
    Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198
  • Phone
  • Category
    Alam Perawan
  • Location
    Jawa Barat
  • Tags
    bandung, dago pakar, djuanda, Jawa Barat, lembang, penangkaran rusa, tahura djuanda, tahura juanda, taman hutan raya

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    07.00 - 17.00
  • Harga
    30.000
  • Patokan Terdekat
    dago dreampark
  • Koneksi Internet
    4g kurang stabil
  • Situasi
    Hening, alami, seperti di hutan

Location

Penangkaran Rusa Tahura Djuanda
Get directions

Contact

Penangkaran Rusa Tahura Djuanda
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Penangkaran Rusa Tahura Djuanda

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%