PENANGKARAN BUAYA BLANAKAN SUBANG, Wisata Buaya yang kurang terawat

Description

Description

Penangkaran Buaya Muara yang  berada di Blanakan, Subang, Jawa Barat ini cukup menarik untuk dikunjungi. Namun apabila penyasar mengkhususkan waktu untuk berkunjung kesini, ya siap – siap bakal kecewa. Idealnya penangkaran buaya blanakan ini hanya menjadi pelengkap pada saat penyasar kebetulan sedang berwisata di daerah Subang.

Lokasi penangkaran buaya blanakan ini berada di ujung utara Kabupaten Subang. Tepatnya di kecamatan Blanakan. Berkisar 8 km dari jalan raya Pantura – Pamanukan, penyasar akan mendapati plang petunjuk di kiri jalan. Kemudian setelah menyusuri jalan bergelombang tidak terawat. Penyasar akan tiba pada TPI (tempat pelelangan ikan) Blanakan. Tempat Wisata Penangkaran Buaya Blanakan tepat di belakang TPI Blanakan tersebut.

Lokasi tempat wisata ini juga bersebelahan dengan komplek lokalisasi setempat. Pada siang hari  terlihat dengan adanya rambu – rambu ‘daerah wajib kondom’ dan plang – plang nama wisma. Setelah perlahan melewati daerah tersebut, maka para penyasar akan sampai pada taman wisata Penakaran Buaya Blanakan Subang tersebut.

Disambut oleh gerbang tiket masuk yang sudah tidak terurus. Para Penyasar akan dikenakan biaya 10rb rupiah per mobil dan 5rb rupiah per orangnya. Penjaganya tidak menyediakan tiket atau tidak memberikan tiketnya karena alasan yang tidak jelas, semakin tampak bahwa obyek wisata ini tidak terurus dengan baik.

Daya Tarik

Secara garis besar taman wisata ini memiliki 3 daya tarik utama. Yaitu :

  1. Podokan lesehan yang menyediakan berbagai macam olahan hasil laut.

Podokan – podokan ini juga merupakan rumah tempat tinggal bagi warga sekitar di tempat wisata ini. Tepat di samping muara sungai tempat bersandarnya para kapal nelayan, masakan hasil lautnya cukup segar. Namun untuk masalah harga, para penyasar disarankan untuk menanyakan terlebih dahulu harga per porsinya.

  1. Taman Hutan Pelangi dan wisata hutan Manggrove

Taman Hutan pelangi sejatinya adalah sebuah taman bermain untuk anak – anak yang dialokasikan di samping hutan manggrove. Namun saat ini kondisinya sudah sangat tidak layak. Banyak  permainan anak – anak yang telah berkarat dan pastinya tidak aman. Namun karena lokasinya berada di samping hutan manggrove maka yang paling mengganggu adalah banyaknya nyamuk hutan.

  1. Penangkaran Buaya

Ini adalah daya tarik utama dari taman wisata ini. Terdapat beberapa kandang buaya yang sudah tidak terawat, dan dari segi keamanan sangatlah kurang. Ada beberapa tembok pembatas kandang yang sudah miring dan hampir jatuh. Sehingga apabila para peyasar membawa anak kecil, diharapkan untuk selalu waspada.

Di beberapa kandang tersebut terdapat berbagai macam ukuran buaya muara. Dari yang masih kecil hingga yang berukuran 3 – 4 meter. Namun ada juga kandang yang tidak berpenghuni. Di kandang yang paling ujung, tampak jelas pengelola tidak memperhatikan kesehatan buaya. Di beberapa kandang paling ujung ini, ditemukan kolam buaya yang sudah kering.

Di komplek penangkaran buaya ini terdapat sebuat stadion dengan kolam raksasa di tengahnya. Ini adalah kolam buaya indukan yang menghasilkan seluruh buaya yang terdapat disana. Di kolam raksasa ini terdapat 2 buaya pejantan yang diberi nama Jack dan Baron. Buaya ini berukuran lebih dari 7 meter dengan bobot hampir 1 ton.

Pada waktu liburan, Jack dan Baron ini di pertontonkan dan bahkan pengunjung dapat berswa foto sambil memegang kepalanya. Tentunya dalam pengawasan sang perawat  Jack dan Baron. Sang perawat atau biasa di sebut pawang buaya yang bernama Kang Imrom ini juga menjamin bahwa buayanya tidak akan membahayakan para pengunjung yang ingin berswa foto.

Kesimpulannya, sungguh sangat disayangkan taman wisata ini tidak terurus dengan baik. Bahkan dapat dikatakan ditelantarkan oleh pihak pengelola dalam hal ini Dinas Perhutani. Karena dengan potensi yang dimiliki harusnya taman wisata penangkaran buaya Blanakan ini dapat menjadi obyek wisata unggulan kabupaten Subang. Yang tentunya akan dapat memberikan dampak positif bagi para peduduk yang tinggal di sekitar obyek wisata.

 

 

Contact

Contact
  • Address
    Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41259
  • Category
    Buat Keluarga
  • Location
    Jawa Barat
  • Tags
    alam, blanakan, buaya, Jawa Barat, penangkaran, Penangkaran Buaya, pondok lesehan, subang, taman pelangi, wisata alam

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    5.000-10.000
  • Patokan Terdekat
    Tempat pelelangan Ikan blanakan
  • Koneksi Internet
    4G
  • Situasi
    kurang terawat

Location

PENANGKARAN BUAYA BLANAKAN SUBANG, Wisata Buaya yang kurang terawat
Get directions

Contact

PENANGKARAN BUAYA BLANAKAN SUBANG, Wisata Buaya yang kurang terawat
  • By Suka Nyasar
  • Email: kitasukanyasar@gmail.com

Ratings

PENANGKARAN BUAYA BLANAKAN SUBANG, Wisata Buaya yang kurang terawat

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%