PESONA WISATA DI SUBANG, 3 AIR TERJUN ASRI

Description

Description

Wisata di subang? Mungkin banyak yang bertanya, ada apa aja sih tempat wisata di Subang, jawa barat ini. Subang sendiri merupakan salah satu kabupaten di jawa barat yang cukup berdekatan dengan Bandung. Wisata di Subang sendiri lebih banyak mengarah ke wisata alam, karena memang alam di Subang masih sangat terawat. Udara segar dan deretan pepohonan menjadi daya tarik alami yang dimiliki olah daerah ini.

Bagi yang sering melakukan perjalanan darat dari melalui pantura maupun via tol cipali mungkin sudah tidak asing lagi dengan Kabupaten Subang, karena memang ada jalan alternatif “Sadang Cikamurang” yang menghubungkan Sadang, Kabupaten Purwakarta dengan Tomo, Kabupaten Sumedang. Selain itu dibagian selatan Kabupaten Subang terdapat akses langsung yang sekaligus menghubungkan jalur pantura dengan kota Bandung. Jalur ini sangat sejuk dan memiliki panorama indah yaitu perkebunan teh disepanjang jalannya. Selain itu, dijalur ini juga terdapat 2 tempat wisata besar yang terkenal di jawa barat, apalagi kalau bukan Tangkuban Perahu dan Pemandian Air Panas Ciater. Namun kali ini kita lewatin dulu yah cerita tentang Ciater dan Tangkuban Perahu hehe.

Tempat wisata di Subang di dominasi oleh wisata alam, baik berupa air terjun, hutan wisata maupun taman. Beberapa air terjun dan taman sempat saya kunjungi dan berikut ini adalah sedikit tulisan mengenai masing-masing tempat wisata yang berhasil saya abadikan :

 

  • Wisata Alam Capolaga, Subang – Jawa Barat

Di Wisata Alam Capolaga ini, kita akan disuguhkan pesona alam dalam lahan seluas 10 hektar. Terdapat 3 curug / air terjun, camping ground, jalur treking, dan homestay. Terdapat 2 buah pintu masuk menuju area ini, pintu masuk atas akan langsung disuguhkan dengan deretan penginapan / homestay sedangkan didaerah bawah akan langsung ke lokasi camping ground dan curug goa badak.

Curug Goa Badak, Curuk Karembong, dan Curug Sawer, begitulah nama dari ketiga curug yang terdapat di Wisata Alam Capolaga ini, setiap curug memiliki pesona khas masing-masing jadi tidak ada kata bosan walaupun sama-sama air terjun. Curung yang sempat saya kunjungi adalah curug goa badak yang berada tepat dibawah pintu masuk kawasan wisata ini. Curug ini tidak terlalu tinggi dan dikelilingi oleh rerimbunan tanaman dan batuan yang menyerupai goa. Terasa teduh sekali jika berdiri dibawah naungan goa badak ini. Dibawah curug terdapat sungai yang mengalir dengan air yang sangat jernih, juga dilengkapi dengan bebatuan dengan ukuran sedang yang bisa digunakan untuk duduk ketika merendam kaki ke dinginnya air sungai disini.

Disepanjang aliran sungai curug ini, sekitar 20 meter dari tempat jatuhnya air, terdapat jembatan bambu yang bisa difungsikan sebagai spot selfie. Tak jauh dari lokasi ini, terdapat tanah datar yang biasa digunakan sebagai camping ground. Jadi penikmat camping bisa langsung mendengar suara gemericik air terjun dan sungai yang begitu menenangkan ketika berkemah di area ini.

Curug sawer dan Karembong berada di atas curug goa badak, lokasinya kira-kira terpaut 1 km tiap curugnya. Seperti curug goa badak, didekat curug sawer juga terdapat camping ground yang berada tak jauh dari lokasi air terjunnya. Namun area camping ground di dekat curug sawer ini lebih sedikit daripada yang ada didekat curug goa badak, jadi pastikan dulu jumlah peserta yang mau ikut camping ya sebelum memilih lokasi camping groundnya.

                

Peta Capolaga

 

 

Apabila ingin berkemah dengan nuansa hutan pinus, disini disediakan juga kok 2 petak camping ground di tengah-tengah hutan pinusnya. Bebas deh mau pilih camping ground yang mana. Fasilitas utama yang paling krusial ketika berkemah, yaitu toilet sudah tersedia kok didekat masing-masing zona camping.

Untuk fasilitas destinasi wisata ini terhitung lengkap, terdapat warung makan dan tempat membeli keperluan sehari – hari. Ada tempat penginapan juga di area ini berupa rumah pondokan yang terbuat dari kayu menambah kesan artistic bermalam di tempat ini. Area parkir juga cukup luas dan keamanan nya dijaga. Kebersihan? Well, cukup bersih walau terlihat ada beberapa sampah waktu saya mengunjungi curug Goa Badak (mungkin masih pada sibuk, karena saat itu masih ada perbaikan fasilitas jalan). Toilet cukup bersih juga guys, terdapat area berkemah yang luas.

Setelah melihat peta dan lokasi Wisata Alam Capolaga di Subang ini, bisa kita simpulkan bahwa daya tarik utama yang disajikan disini adalah tempat wisata alam yang dilengkapi dengan air terjun dan sungai yang ditepinya dapat digunakan sebagai tempat camping, selaras dengan semboyan tempat wisata ini yaitu “Gembira Bersama Alam”.

Info Wisata Alam Capolaga

Lokasi :  Kampung Panaruban, Cicadas, Sagalaherang, Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282 (Peta Lokasi).

No. Telp : (0260)470 941

Fasilitas : Tempat makan dan pembelanjaan , Toilet, Penginapan , Camping ground.

 

Web Resmi : Wisata Capolaga

 

 

 

  • Curug Sadim, Subang – Jawa Barat

Curug Sadim merupakan salah satu air terjun di daerah Subang. Letaknya tak jauh dari Wisata Alam Capolaga, kira-kira 2 kilometer diatas Wisata Alam Capolaga. Curug Sadim ini memiliki tinggi sekitar 15 meter, tapi curug ini memiliki keunikan, yaitu dikelilingi oleh tebing yang ditumbuhi rerimbunan hijau. Kamu akan merasakan desiran angin yang tidak pernah berhenti ketika berada di dalam lingkaran tebing ini. Air di curug ini pun terbilang dingin, tidak sedingin es tapi bisa dipastikan mampu membuat anda menggigil jika basah-basahan dicurug ini.

Disekitar curug ini banyak dijumpai bunga terompet yang selalu mekar. Pohon bunga terompet ini menghiasi tepian sungai yang mengalir dari curug sadim. Dari pintu masuk kawasan wisata ini, pepohonan dan perkebunan teh yang hijau menghiasi sisi-sisi jalan hingga kita bertemu dengan anak sungai dari curug ini. Setelah bertemu anak sungai, ketika kita berjalan ke hulu, dikiri dan kanan terdapat tebing tinggi dan pepohonan besar yang mungkin usianya sudah puluhan tahun.

Udara segar ditempat ini sangat terasa, dan bisa kita nikmati sambil bercengkerama di saung atau gasebo yang disediakan disekitar sungai, selain gasebo, ada juga lahan yang dapat digunakan untuk berkemah, pas banget sepertinya untuk melepas lelah dari penatnya keseharian. Di dekat pintu masuk curug ini juga terdapat beberapa warung, tetapi waktu saya kesini warungnya tutup semua. Hehehe.

Fasilitas yang disediakan ditempat ini dirasa masih kurang, selain jalannya masih berbatuan, belum ada penginapan di daerah curug ini. Jika ingin menginap Anda harus keluar area wisata ini dulu (di daerah Capolaga atau kearah Ciater). Kebersihan dari tempat ini cukup terjaga, namun saya rasa juga masih kurang (kemarin toiletnya agak kotor). Selain itu fasilitas tambahan seperti lahan berkemah, dan area memanah saya rasa cukup oke ^^.

Akses menuju curug Sadim ini cukup mudah, hanya saja masih berupa tanah berbatu untuk jalan masuk setelah pos tiketnya, tapi cukup deket kok, hanya sekitar 100meter. Setelah sampai diparkiran, kita harus jalan kaki menuju curugnya, tapi ga usah khawatir, jalannya cukup datar dan tidak terlalu jauh dari tempat parkir.

Info Curug Sadim :

Lokasi : Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282 (Peta Lokasi)

Harga Tiket : Rp 12.500,- per orang (termasuk parkir).

Fasilitas : Warung makan , Toilet, Area berkemah dan memanah

 

 

 

  • Curug Mandala, Subang – Jawa Barat

Curug terakhir yang saya kunjungi adalah curug Mandala. Dilokasi ini terdapat 2 air terjun yang cukup tinggi. Pemandangan sekitar pun sangat asri, masih berupa hutan dan bebatuan besar yang belum terusik oleh tangan manusia. Kedua air terjun disini sangat cocok untuk main basah-basahan. Selain itu keasrian alam dan kesegaran udara yang ada disini bisa banget buat menunjang aktifitas tidur siang disalah satu saung disini setelah puas bermain air.

Terdapat fasilitas berupa gasebo atau saung ditempat ini. Untuk fasilitas lainnya masih belum tersedia karena curug ini menurut petugas tiketing masih dikelola oleh karang taruna setempat saja. Kebersihan tempat ini masih terjaga, tidak ada sampah berserakan walaupun minim fasilitas, mungkin karena pengunjung mulai sadar untuk menjaga lingkungan sekitar.

Akses menuju tempat ini sangat menantang, dari arah curug sadim, curug ini hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan kendaraan roda dua. Kendaraan roda dua-nya pun saya sarankan untuk menggunakan jenis trail atau kendaraan yang memiliki ban besar dan suspensi tinggi karena memang jalannya masih berupa tanah berbatu yang cukup sempit. Jalan tanah berbatu ini kurang lebih panjangnya 1 kilometer dari jalan raya, medannya pun menanjak, pastikan skill berkendara kamu sudah teruji sebelum mencoba track ini.

Overall curug Mandala ini sangat cocok dikunjungi jika kamu suka treking atau berjalan kaki mengaggumi keindahan alam selama perjalanan atau penyuka adrenalin dengan menaiki motor trail kesayangan misalnya. Sebenarnya sih naik motor matic biasa juga bisa mencapai curug ini, tapi sangat tidak saya sarankan.

Info Curug Mandala :

Lokasi : Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281 (Peta Lokasi)

 

Contact

Contact
  • Address
    Kabupaten Subang
  • Category
    Alam Perawan, Buat Keluarga
  • Location
    Jawa Barat
  • Tags
    air terjun goa badak, air terjun mandala, air terjun sadim, air terjun subang, capolaga, curug capolaga, curug goa badak, curug karembong, curug mandala, curug sadim, curug sawer, Curug subang, goa badak, kabupaten subang, wisata air terjun, wisata alam subang, wisata capolaga, wisata subang

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24jam
  • Harga
    2.000 - 12.500
  • Patokan Terdekat
    Subang Kota - Jalan Cagak - Ciater
  • Koneksi Internet
    Misterius
  • Situasi
    Menyegarkan, Dingin, Asik

Location

PESONA WISATA DI SUBANG, 3 AIR TERJUN ASRI
Get directions

Contact

PESONA WISATA DI SUBANG, 3 AIR TERJUN ASRI
  • By Gilang Near
  • Email: gilangpesonaonly@gmail.com

Ratings

PESONA WISATA DI SUBANG, 3 AIR TERJUN ASRI

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%