Situs Pati Ayam

Description

Description

Situs purba di Pegunungan Pati Ayam, Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.Situs Pati Ayam merupakan bagian dari Gunung Muria. Di gunung ini terdapat makam dan Masjid Sunan Muria. Situs Patiayam merupakan salah satu situs terlengkap. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya manusia purba (Homo erectus), fauna vertebrata dan fauna invertabrata. Ada juga alat-alat batu manusia dari hasil budaya manusia purba yang ditemukan dalam satu aeri pelapisan tanah yang tidak terputus sejak minimal satu juta tahun yang lalu.

Rangkaian penelitian telah dilakukan di situs ini, mulai dari tahun 1931 saat peneliti asal Belanda Van Es menemukan sembilan jenis fosil hewan vertebrata. Berikutnya hingga tahun 2007 berbagai penelitian dilakukan dan ditemukan 17 spesies hewan vertebrata dan tulang belulang binatang purba. Dari waktu ke waktu, makin banyak fosil purba ditemukan di situs ini, sehingga perlu dibangun museum khusus sebagai tempat penampungan fosil-fosil temuan. Museum Fosil Patiayam masih sangat sederhana.

Daya Tarik

Daya tarik dari destinasi wisata edukasi ini hampir sama dengan museum – museum lain nya. Yakni Anda dapat mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan fosil – fosil yang ada di museum ini.

Terdapat penjelasan baik tertulis maupun penjelasan melalui penjaga museum nya.

Alam yang masih asri, agak jauh dari jalan utama. Membuat tempat ini berbeda dengan museum lain nya.

Fasilitas

  • Toilet
  • Parkir luas

Tidak banyak fasilitas seperti destinasi wisata alam, untuk penginapan dan tempat makan harus keluar dari area destinasi ini. Namun jarak ke tempat makan dan penginapan tidak jauh juga koq, kurang lebih 1 km dari lokasi Situs Patiayam, Anda dapat menemui tempat makan dan hotel.

Lokasi

Untuk mencapai Situs Pati Ayam, dari kota Kudus, Anda perlu mengambil arah ke kota Pati. Melewati jalan raya Kudus – Pati, Anda dapat mencapai destinasi ini dengan menempuh jarak 12 km.

Jika Anda dari kota Pati, Anda perlu mengambil arah ke kota Kudus, untuk jarak yang di tempuh hampir sama, 15 km maka Anda sudah sampai ke destinasi wisata edukasi ini.

Jam Operasional

Tempat ini buka pada pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB

Harga Tiket

Tidak ada harga tiket yang di patok, jika Anda ingin memberikan tips kepada pemandu yang memandu Anda ( seiklasnya).

 

Catatan

Tempat ini terdiri dari 2 bagian, dimana 1 adalah Situs Pati Ayam, dan yang kedua merupakan Museum Pati Ayam. Lokasinya tidak jauh, kurang lebih 100 – 200 meter, apabila dari jalan utama, Anda akan menemui Museum Pati Ayam, Anda dapat menuju ke utara sedikit untuk mencapai Situs Pati Ayam.

Museum Pati Ayam, tidak sebesar museum – museum lain nya, namun untuk kelengkapan fosil yang terdapat tidak kalah dibanding museum lain nya. Museum Pati Ayam ini menampung lebih dari 4500 fragmen fosil dari 16 spesies yang terdiri dari gajah, kerbau, dan beberapa spesies ikan. Fosil – fosil ini dikelompokkan sesuai habitat nya masing – masing, terdapat 3 golongan fauna. (fauna yang bisa hidup di daerah hutan terbuka) ; (fauna yang bisa hidup di hutan lebat dan basah) ; (fauna yang bisa hidup dalam air)

Tiket masuk museum Pati Ayam gratis yah, hanya perlu mengisi buku tamu yang disediakan untuk jadi data. Diseidakan juga kotak yang dapat Anda isi uang seiklasnya.

 

Wisata edukasi merupakan salah satu jenis wisata yang ada di Indonesia, walau terkesan membosankan namun perlu Anda coba karena sensasi wisata edukasi berbeda dengan wisata alam. Beberapa museum lain yang ga kalah menarik, ada museum seni rupa dan keramik di jakarta, ada museum negeri sumatera utara di Medan, museum benteng Vredeburg di Yogyakarta dan masih banyak lagi museum lain yang cocok banget buat wisata edukasi.

Salam wisata dan cintai wisata Indonesia ^^

Contact

Contact
  • Address
    Kancilan, Terban, Jekulo, Kudus Regency, Central Java 59382
  • Category
    Oldies
  • Location
    Jawa Tengah
  • Tags
    museum kudus, museum pati, museum pati ayam, museum patiayam, pati ayam, patiayam, situs pati ayam, situs patiayam

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    08.00-17.00
  • Harga
    Gratong
  • Patokan Terdekat
    Jalan Raya Kudus - Pati
  • Koneksi Internet
    Lancar jaya
  • Situasi
    Edukatif

Location

Situs Pati Ayam
Get directions

Contact

Situs Pati Ayam
  • By Kwon Boa
  • Email: boalovers01@gmail.com

Ratings

Situs Pati Ayam

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%