Taman Doa Alpha dan Omega Sukoharjo

Description

Description

Letaknya yang berada di desa Palur kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Taman Doa Alpha dan Omega ini juga sering disebut oleh warga sekitar sebagai gua Maria Black Madonna. Tampaknya sebutan ini mengacu pada adanya patung Bunda Maria yang berwarna hitam. Lokasinya tepatnya berada di Jalan Cempaka 1 perumnas Palur yang juga merupakan kompleks Gereja Katolik St. Maria Diangkat Ke Surga.
Sejarah lahirnya Taman Doa Alpha dan Omega ini berawal dari kerinduan umat Katolik setempat untuk melakukan Devosi – bentuk doa yang bukan merupakan bagian resmi dari liturgi umum Gereja, sebagai bentuk penghormatan kepada orang suci (para Santo/Santa) kepada Bunda Maria maka direncanakan pembangunan sebuah tempat doa / Gua Maria. Yang kemudian niat dari para umat Katolik setempat tersebut mendapat persetujuan dari keuskupkan Agung Semarang yang pada saat itu dikepalai oleh Uskup Mgr. Ignatius Suharyo dengan syarat pembangunannya harus memperhatikan atau menyertakan budaya setempat. Oleh karena itu diusulkan pembangunannya dibuat menyerupai bangunan Candi, yaitu Candi Sukuh. Kemudian dengan beberapa perubahan dibangunlah bangunan Candi yang bentuknya menyerupai huruf yunani Aplha dan pintu candinya menyerupai huruf yunani Omega yang didalamnya dibuat patung Bunda Maria yang berwarna hitam. Dengan keunikan tersebut maka taman doa ini di beri nama Taman Doa Alpha dan Omega yang juga berarti tempat berkumpulnya umat untuk berdoa kepada Tuhan.
Keunikan lainnya di dalam Taman Doa ini terdapat ukiran – ukiran batu yang layaknya pada bangunan candi aslinya di sebut sebagai relief candi yang biasanya menceritakan sebuah kisah rakyat, seputar mahluk mitologi dan dogeng – dogeng pada masa itu. Bedanya pada relief Taman Doa Alpha dan Omega ini di ukir cerita atau kisah Yesus Kristus dari mulai dilahirkan sampai kedalam Kisah Sengsara-Nya disalibkan dan kemudian bangkit diantara orang mati. Hal unik lainnya adalah adanya arca – patung yang di buat dengan tujuan utama sebagai media keagamaan yang kali ini di gambarkan sebagai para malaikat Tuhan yaitu Malaikat Rafael, Malaikat Gabriel dan Malaikat Mikael. Dan yang lebih unik lagi adalah menara lonceng Gereja yang dibangun dengan bebatuan candi dimana lantai paling bawahnya menyerupai huruf Alpha dan Omega dan di buat menjulang tinggi sehingga menyerupai bangunan pagoda.
Bagi para peziarah yang ingin melakukan doa Jalan Salib juga tersedia jalan salib pendek dimana jarak antara stasi – pemberhentian untuk doa tidak terlalu jauh sehingga tidak lah melelahkan untuk para peziarah yang sudah berumur dan ingin melakukan doa Jalan Salib di tempat ini. Juga apabila para peziarah ingin menggunakan air suci Taman Doa Alpha dan Omega ini untuk diminum ataupun sekedar untuk membilas diri juga dapat dilakukan dengan mengambilnya dari bagian belakang Gua Maria. Apabila ingin membawa pulang juga dapat membeli jerigen putih di tata usaha Gereja.
Hawa yang rindang dan sejuk membuat Taman Doa ini dapat di kunjungi kapanpun, apalagi dengan adanya pendopo yang disedikan untuk membuat para peziarah / pengunjung dapat melakukan devosi dengan lebih kyusuk. Namun demikian mengingat lokasinya yang berada dalam sebuah perumahaan maka fasilitas tempat parkir menjadi lebih terbatas namun tetap memadai. Sejak diresmikan pada tanggal 26 September 2004, Taman doa Alpha dan Omega ini telah banyak di kunjungi oleh para traveller / peziarah dari berbagai daerah dan banyak yang kemudian kembali lagi untuk kembali sejenak menjauhkan diri dari kebisingan politik, pekerjaan, kehidupan rumah tangga guna melakukan devosi kepada Bunda Maria yang selalu mampu menyejukan segala beban pikiran dan hati para umatnya.

Contact

Contact
  • Address
    desa Palur kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Category
    Buat Keluarga, Wisata Religi
  • Location
    Jawa Tengah
  • Tags
    alpha dan omega, black, black madonna, candi, candi sukuh, doa, gereja, goa, goa maria, jalan salib, jawa tengah, katholik, madona, mojolaban, religi, sukoharjo, Taman, taman doa

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    gratis
  • Patokan Terdekat
    Universitas sebelas maret
  • Koneksi Internet
    4g
  • Situasi
    tenang dan nyaman

Location

Taman Doa Alpha dan Omega Sukoharjo
Get directions

Contact

Taman Doa Alpha dan Omega Sukoharjo
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Taman Doa Alpha dan Omega Sukoharjo

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%