Taman Doa Jati Segara Wening Tegal

  • jalan salib lansia
  • gapura jati segara wening
  • batu peresmian jatisegarawening
  • keluarga kudus

Description

Description

Taman Doa yang berada pada kompleks Gereja Katolik Santo Yosef Mejasem Tegal ini masih tergolong baru. Lokasi tepatnya berada pada Desa Mejasem Barat, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Dari namanya mungkin para penyasar sudah dapat sedikit membayangkan bahwa di kompleks taman doa ini terdapat banyak pohon jatinya. Memang benar, Taman Doa yang baru diresmikan pada bulan mei 2019 ini awalnya merupakan kebun jati yang terletak disamping gereja. Sehingga diberi nama Taman Doa Jati Segara Wening.

gapura jati segara wening

Kesan sejuk dan rindang akan muncul pada saat para penyasar memasukin kompleks Taman Doa Jati Segara Wening. Setelah memasukin gapura yang bertuliskan nama Taman Doa, para penyasar dapat langsung menuju ke sebelah kiri. Dimana dari kejauhan para penyasar dapat melihat sebuah patung Bunda Maria yang berukuran besar. Berjalan menuju tempat berdevosi kepada Bunda Maria, pada sebelah kiri terdapat stasi jalan salib yang jaraknya hanya berkisar satu meter per stasinya. Ini biasa digunakan untuk doa jalan salib bagi para lansia.

jalan salib lansia

Lalu kemudian setelah melewati stasi pendek jalan salib tersebut. Para penyasar akan menemukan sumber air suci, yang dapat digunakan untuk membasuh kaki, tangan, muka, dan bahkan diminum. Tempat berdevosi kepada Bunda Maria ini berada pada ujung kiri dari gapura masuk Taman Doa Jati Segara Wening. Patung Bunda Maria yang diberi nama Maria Ratu Surga dan Bumi ini merupakan Landmark dari tempat doa ini. Patungnya sungguh indah dan sudut bagian kanan diberi hiasan air terjun mini, sehingga terdengar gemercik air di sela – sela keheningan taman doa.

Bagi para penyasar yang ingin berdevosi kepada Bunda Maria, dapat menggunakan bangku plastic yang telah disediakan pihak pengelola. Walaupun disekitar patung Bunda Maria ini juga terdapat beberapa pepohonan yang rindang, namun tidak dapat mengimbangi suhu udara kota Tegal yang memang terkenal sangat panas ini. Apalagi letaknya berada di ujung sebelah kiri taman doa sehingga membuat sirkulasi anginnya kurang maksimal.

Sambil sejenak mengelap keringat yang menetes pada baju para penyasar, para penyasar dapat menikmati sisa waktu berziarah dengan mengelilingi taman doa Jati Segara Wening ini. Secara garis besar, Taman Doa ini merupakan stasi doa jalan Salib. Sehingga di bagian tengahnya terdapat jalan batu yang dikhususkan untuk mengikuti stasi – stasi doa Jalan Salib. Jarak antara stasi cukup jauh sehingga apabila memang para penyasar ingin melakukan doa jalan salib  bersama dengan para lansia, maka sebaiknya menggunakan stasi pendek disebelah gapura masuk tadi.

Pada bagian tengah taman doa ini terdapat patung malaikat santo Mikael yang sedang menghunus pedang. Patung ini sama dengan patung Santo Mikael yang berada pada taman doa Regina Rosari di Cirebon. Selain itu dalam taman doa ini juga terdapat patung keluarga kudus, altar yang digunakan untuk misa pada perayaan khusus, dan juga Gua tempat Yesus dimakamkan.

Di dalam komplek taman doa ini juga dilengkapi oleh bungalow dan colokan listrik. Para penyasar yang butuh untuk me- charge gadgetnya dapat bersantai di bungalow ini. Namun untuk fasilitas kamar kecil, para penyasar harus keluar dari komplek taman doa. Fasilitas tersebut berada pada sebelah gapura masuk komplek taman doa Jati Segara Wening, bersebelahan dengan toko souvenir milik Gereja.

Menurut pihak pengelola, taman doa ini akan masih banyak mengalami perubahan. Dan pastinya akan menjadikan kegiatan berziarah ditempat ini lebih nyaman dan damai. Namun sebagai rekomendasi saat ini, apabila para penyasar ingin mengunjunginya, alangkah lebih baik apabila dilakukan pada sore hari menjelang malam. Untuk menghindari cuaca panas yang pastinya akan menggangu perenungan para penyasar sekalian.

Contact

Contact
  • Address
    Jalan Gereja No.1, Griya Mejasem Baru, Mejasem Bar., Kec. Kramat, Kota Tegal, Jawa Tengah 52192
  • Phone
  • Category
    Wisata Religi
  • Location
    Jawa Tengah
  • Tags
    air suci, gereja, goa maria, jati, jati segara wening, keluarga kudus, religi, santo yosef mejasem, taman doa, taman rohani, tegal, wisata

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    gratis
  • Patokan Terdekat
    Alun-alun kota tegal
  • Koneksi Internet
    4g
  • Situasi
    Tenang

Location

Taman Doa Jati Segara Wening Tegal
Get directions

Contact

Taman Doa Jati Segara Wening Tegal
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Taman Doa Jati Segara Wening Tegal

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%