Taman Hutan Raya Djuanda, 5 Km membelah belantara

Description

Description

Taman Hutan Raya Djuanda adalah hutan lindung yang menjadi paru – paru kota Bandung. Hutan raya ini terletak di daerah dago pakar, cimeyan, Bandung. Taman hutan raya ini merupakan salah satu dari 22 hutan raya yang tersebar di seluruh Indonesia. Hutan raya ini yang juga merupakan botanical garden ini merupakan salah satu yang terbesar di antara ke 22 hutan raya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Taman Hutan Raya ini memiliki luas total mencapai 590 hektar. Luasnya membentang antara dago pakar,Bandung mencapai maribaya, Lembang. Awalnya luas nya hanya berkisar 10 hektar saja. Kemudian daerah konservasi alam yang di perluas dan di kembangkan menjadi daerah kumpulan wisata yang di beri nama Taman Hutan Raya Djuanda seperti yang para penyasar dapat nikmati saat ini.

Hutan Raya ini terbagi menjadi beberapa bagian obyek wisata. Tepatnya terdapat 10 obyek wisata yang berada di dalam Hutan Raya yang namanya berasal dari salah satu pahlawan nasional Indonesia, yaitu Ir. Hj Djuanda. Pahlawan nasional yang merupakan perdana menteri pertama di Indonesia ini terkenal dengan deklarasi Djuanda pada tahun 1957. Yang isinya menyatakan bahwa seluruh pulau dan laut di Indonesia adalah sebuah kesatuan yang tidak terpisahkan.

Berikut adalah data dan fakta mengenai Taman Hutan Raya Djuanda:

  1. Terdapat 4 gerbang pintu masuk menuju taman Hutan Raya. 1 pintu berada pada sebelah utara dan 3 pintu pada sebelah selatan.
  2. Terdapat 10 obyek wisata yang terdapat pada taman Hutan Raya. Dengan rata – rata jarak antara satu obyek wisata dengan lainnya adalah 1 kilometer. Jarak terjauh antara obyek wisata pertama dan terakhir mencapai 5.4 kilometer
  3. 1 diantara dari 10 obyek wisata merupakan sebuah kumpulan obyek wisata yang berupa, panggung pertunjukan, monumen Ir. Hj. Djuanda, taman bermain anak dan outbound.
  4. Terdapat 2 obyek wisata Goa. Yaitu Goa Jepang dan Goa Belanda.
  5. Terdapat 4 obyek wisata air terjun atau curug. Yaitu Curug Omas, Curug Lalay, Curug Kidang dan Curug Koleang.
  6. Terdapat 1 obyek wisata fauna. Yaitu Penangkaran Rusa
  7. Obyek wisata yang tertinggi adalah obyek wisata Tebing Keraton

Aktivitas yang para penyasar dapat nikmati tentunya berkisar mengenai alam dan keindahannya. Namun tentunya para penyasar diharapkan memiliki fisik yang cukup baik apabila ingin menikmati seluruh obyek wisata dalam waktu 1 hari saja. Mengingat jarak antara satu obyek wisata dengan lainnya cukuplah jauh dan hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki saja maka pastinya akan cukup memakan waktu dan tenaga.

Taman Hutan Raya Juanda ini di buka pada pukul 08.00 dan di tutup pada pukul 17.00. Karena kepadatan tumbuhan pada area hutan konservasi ini sangatlah tinggi, maka pada pukul 16.00 sudah hampir tampak gelap. Oleh karena itu disarankan bagi para penyasar untuk mengunjunginya pada pagi hari atau maksimal pada siang hari maksimal pada pukul 12.00

Terdapat banyak tantangan dan rintangan yang cukup melelahkan untuk menyusuri seluruh obyek wisata yang ada di Taman Hutan Raya ini dalam waktu seharian. Salah satunya adalah tidak adanya warung penjaja air minum pada saat bukan hari libur nasional atau low season. Dan selain itu juga tidak di temukan kamar kecil di sepanjang jalur tracking 5,4 kilometer  tersebut. Jadi di harapkan para penyasar yang datang ke tempat ini dalam kondisi yang prima.

Tulisan lanjutan mengenai spot-spot yang ada di tahura djuanda ini dapat langsung kamu kunjungi dilink ini :

  1. Curug Omas
  2. Penangkaran Rusa

 

 

Contact

Contact
  • Address
    Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198
  • Phone
  • Category
    Alam Perawan
  • Location
    Jawa Barat
  • Tags
    bandung, curug, curug lalay, dago, dago pakar, djuanda, goa belanda, goa jepang, Jawa Barat, juanda, lembang, maribaya, omas, penangkaran rusa, tahura djuanda, taman hutan raya, taman hutan raya djuanda

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    07:00-17:00
  • Harga
    30.000
  • Patokan Terdekat
    Dago Dreampark
  • Koneksi Internet
    4g kurang stabil
  • Situasi
    Hening, alami, seperti di hutan

Location

Taman Hutan Raya Djuanda, 5 Km membelah belantara
Get directions

Contact

Taman Hutan Raya Djuanda, 5 Km membelah belantara
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Taman Hutan Raya Djuanda, 5 Km membelah belantara

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%