TAMAN ISMAIL MARZUKI

Description

Description

Taman Ismail Marzuki atau biasa disingkat TIM merupakan taman yang berada di pusat kota Jakarta tepatnya di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Taman ini diambil dari nama komponis terkenal Indonesia yaitu, Ismail Marzuki. Tidak seperti taman pada umumnya, taman ini sangat populer dan seringkali digunakan media edukasi oleh para orang tua.
Objek apa saja yang dapat kamu kunjungi di Taman ini?
Cinema XXI, siapa yang tak kenal dengan tempat ini. tempat yang menjadi sasaran anak muda zaman sekarang untuk nongkrong bersama teman-teman.
Toko buku, di taman ini juga terdapat toko buku bekas. Eits, walaupun bekas tetapi kondisi bukunya masih bagus dan terawat loh. Buku yang di jual di toko ini rata-rata buku yang sudah jarang di temui alias langka. Banyak mahasiswa yang mengunjungi toko buku ini untuk mencari bahan tugas kuliah mereka. Kalau bicara soal harga, jelas harga buku di toko ini jauh lebih murah dibanding toko buku lainnya.
Gedung besar dengan berbagai event, disamping toko buku terdapat sebuah gedung yang sangat besar dengan pelataran yang luas dan terbuka. Di pelataran gedung ini seringkali digunakan untuk event pertunjukkan seni.
Planetarium, siapa yang tak kenal dengan tempat yang satu ini. tempat yang menawarkan para pengunjung untuk menyaksikan sebuah pertunjukkan tentang luar angkasa. tempat ini yang paling laris di datangi pengunjung, untuk mendapatkan tiket pertunjukkan di tempat ini kamu harus datang lebih pagi dari jam tayang pertunjukkan. untuk itu sangat disarankan sebelum kamu datang ke tempat ini pastikan kamu telah mengecek terlebih dahulu jadwal pertunjukkan di hari itu agar kamu bisa memastikan jam berapa kamu harus datang agar tidak kehabisan tiket.
Planetarium juga menyajikan pameran luar angkasa secara Cuma-Cuma alias gratis. Jadi kalau kamu kehabisan tiket atau antriannya sudah panjang dan malas mengantri kamu dapat berkeliling di tempat ini melihat-lihat pameran yang ada.
Teater seni, selain Cinema XXI taman ini juga menyediakan Teater seni, salah satunya Graha Bhakti Budaya. Teater ini biasa digunakan untuk pertunjukkan musik, tari, dan berbagai pertunjukkan seni lainnya baik tradisional maupun modern.
Perpustakaan daerah, tempat ini berada di sebelah planetarium. Walaupun tampak luar perpustakaan ini nampak sepi tetapi jika kamu masuk ke dalam, ramai sekali pengunjung. Untuk masuk ke perpustakaan ini kamu harus mengisi buku tamu dan nantinya petugas akan meminta identitas seperti KTP, SIM, KTM, atau Kartu Pelajar dan kamu akan diberi kunci loker untuk menyimpan barang bawaan mu. Bangunan ini terdiri dari 4 lantai, yaitu ruang pameran, ruang bacaan umum, ruang referensi, dan ruang anak disertai dengan playground.
Pameran Seni Rupa, di tempat ini seringkali diadakan pameran seni rupa di salah satu gedung yang ada disini. Pameran ini dapat menjadi objek wisata tambahan untuk kamu yang ingin berlama-lama di taman ini. pameran yang diadakan di taman ini biasanya gratis.
Kuliner, setelah mengelilingi Taman ini tentunya kamu akan merasa lelah dan lapar. Di taman ini juga disediakan kantin dengan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Jika kamu tidak tertarik dengan makanan di kantin, kamu dapat keluar dari area taman ini, terdapat banyak rumah makan yang dapat kamu cicipi. Untuk mencicipi kuliner di daerah TIM ini datanglah pada saat malam hari karena di malam hari tempat ini ramai di penuhi dengan berbagai macam kuliner.

Fasilitas
1. Musholla
2. Toilet
3. ATM
4. Kantin

Biaya
Untuk masuk ke taman ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Berbeda dengan planetarium untuk menikmati pertunjukkan di planetarium kamu akan di kenakan biaya tiket masuk. berikut harga tiket masuk Planetarium :
1. Dewasa Rp 12.000/orang
2. Anak-anak /pelajar Rp 7.000/orang
3. Rombongan pelajar Rp 500.000/ 100 orang
4. Rombongan bukan pelajar Rp 1.000.000/ 100 orang

Lokasi
Lokasi taman ini 1,6km dari stasiun Cikini, tepat nya di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Lokasi ini dapat di tempuh menggunakan sepeda motor, mobil ataupun transportasi umum.
Untuk transportasi umum, disarankan menggunakan KRL Commuterline Jabodetabek dengan tujuan Jakarta Kota lalu turunlah di Stasiun Cikini, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit.

Jam Operasional
Untuk hari biasa taman ini beroperasional mulai pukul 07:30 – 16:00 setiap hari kecuali Senin. jam operasional berubah hanya apabila terdapat suatu event di tempat ini.

Reminder
Untuk para perokok dimohon untuk tidak membuang puntung rokok sebelum dimatikan dan buanglah pada tempatnya. Perhatikanlah norma kesopanan dan tata krama. Tidak melakukan tindakan asusila atau perbuatan amoral remaja. Untuk kamu yang ingin berkunjung, perhatikanlah jam operasional setiap objek wisata yang ingin kamu kunjungi. Selalu perhatikan barang bawaan kamu. Untuk para orang tua pastikan anak anda berada di dalam pengawasan mu. Selalu menjaga kebersihan dan kelestarian objek wisata yang kamu kunjungi.
Baca :
Amoral dalam KBBI adalah tidak bermoral ; tidak berakhlak.

Contact

Contact
  • Address
    Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
  • Phone
  • Category
    Buat Keluarga
  • Location
    Jakarta
  • Tags
    cikini, Jakarta, perpustakaan daerah, planetarium jakarta, taman ismail marzuki, TIM

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    07:30 – 16:00
  • Harga
    Gratis
  • Patokan Terdekat
    Stasiun Cikini
  • Koneksi Internet
    4G
  • Situasi
    Tentram

Location

TAMAN ISMAIL MARZUKI
Get directions

Contact

TAMAN ISMAIL MARZUKI
  • By Fitra Kurnia
  • Email: Fitrakurnias@yahoo.com

Ratings

TAMAN ISMAIL MARZUKI

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%