Taman Nasional Bunaken, Surga Diving Sulawesi Utara

Description

Description

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara. Taman yang memiliki luas lebih dari 89.000 hektar ini, dapat dicapai melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari Pelabuhan Manado dengan menggunakan perahu motor menuju pulau Siladen dapat ditempuh + 20 menit, pulau Bunaken + 30 menit, pulau Montehage + 50 menit dan pulau Nain +60 menit. Dari Blue Banter Marina dengan menggunakan kapal pesiar yang tersedia menuju daerah wisata di pulau Bunaken dapat ditempuh dalam waktu 10-15 menit, sedangkan dari pelabuhan NDC menuju lokasi penyelaman di pulau Bunaken dengan menggunakan speed boat ditempuh dalam waktu + 20 menit.

Di taman laut yang merupakan surga bagi para penikmat diving ini, terdapat lebih dari 150 jenis terumbu karang dan lebih dari 90 jenis ikan. Telah lebih dari 28 tahun taman laut Bunaken ditetapkan sebagai Taman Nasional yang dilindungi, tepatnya sejak tahun 1991. Diantara beragam species air tersebut terdapat beberapa yang merupakan spesies langka seperti, Penyu sisik Hawksbill. Penyu ini tidak ditemukan dimanapun selain di Taman Laut Bunaken ini. Konservasi nya dilakukan secara dengan cara kerja sama antara instansi pemerintah dan instansi internasional non pemerintah. Hal ini disebabkan karena lokasi Taman Nasional Laut bunaken berada di jalur 3 segitiga emas yang menghubungkan antara laut Indonesia, Laut Filipina dan Laut Papua.

Taman Nasional Bunaken sendiri merupakan salah satu obyek wisata unggulan Indonesia. Setiap penyasar yang datang ke Menado, Sulawesi Utara, pasti menyempatkan diri untuk mengunjungi Bunaken. Di Taman laut ini terdapat lebijh dari 20 titik selam dengan kedalamanan yang bervariasi. Tentunya tidak kalah dengan obyek wisata selam  terkenal lainnya, seperti Raja Ampat dan Labuan Bajo.

Dari ke 20 titik selam tersebut, 12 diantaranya berada di sekeliling pulau Bunaken. Jarak pandang nya mencapai 20 meter, yang artinya bahwa tingkat kejernihan air sungguh luar biasa. Bahkan pada spot – spot tertentu jarak pandangnya dapat mencapai lebih dari 35 meter. Di spot selam sekeliling pulau Bunaken terdapat terumbu karang yang sangat beraneka ragam, dan uniknya terumbu karangnya membentuk sebuah dinding vertical dimana ikan – ikan kecil banyak berlindung di dinding karang tersebut.

Selain diving, para penyasar juga dapat menikmati kegiatan lainnya seperti snorkeling, berjemur di pantai, berenang dan tentunya menikmati masakan laut ala Manado yang sungguh luar biasa lezat. Di sekeliling pulau Bunaken terdapat juga hutan mangrove dan pantai yang sangat indah untuk menikmati sunset. Di pulau ini masih hidup dengan bebas beberapa jenis binatang lokal seperti monyet hitam Sulawesi, polecat (bearcat) dan juga rusa.

Untuk mengunjungi Taman Nasional Bunaken disarankan untuk menghindari high season. Hal ini karena Taman Nasional Bunaken telah menjadi sebuah obyek wisata popular bagi para penyasar lokal maupun mancanegara maka pastinya pada saat high season akan terjadi tumpukan penyasar yang luar biasa. Dan pada bulan Maret – April adalah bulan – bulan dimana jarak pandang di dasar laut menjadi lebih jauh, karena pada bulan – bulan tersebut air di Taman Nasional Bunaken lebih jernih. Untuk harga masuk tempat wisata ini sangatlah murah hanya berkisar 5 ribu – 10 ribu rupiah untuk para penyasar lokal. Namun tentunya apabila para penyasar ingin menggunakan perahu, menyewa alat diving atau sekedar menyewa alat snorkeling akan dikenai biaya tambahan yang bervariasi.

Dan pastinya para penyasar yang mengunjunginya akan ikut melestarikan keindahan alam persembahan dari Tuhan untuk Indonesia ini dengan tidak meninggalkan apapun kecuali jejak kaki, tidak mengambil apapun selain gambar.

Contact

Contact
  • Address
    Liang Beach Bunaken, Wori, Sulawesi Utara
  • Category
    Alam Perawan
  • Location
    sulawesi
  • Tags
    bunaken, diving, ikan, Indonesia, karang, pantai, pulau, resort, selam, sulawesi, taman nasional bunaken, terumbu, terumbu karang

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    Variatif
  • Patokan Terdekat
    Pulau bunaken
  • Koneksi Internet
    4g
  • Situasi
    liburan

Location

Taman Nasional Bunaken, Surga Diving Sulawesi Utara
Get directions

Contact

Taman Nasional Bunaken, Surga Diving Sulawesi Utara
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Taman Nasional Bunaken, Surga Diving Sulawesi Utara

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%