Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Description

Description

Taman Nasional Tanjung Puting

Tanjung Puting merupakan sebuah nama dari Taman Nasional yang terletak di barat daya Kalimantan Tengah. Taman nasional ini merupakan salah satu taman nasional yang dulunya adalah sebuah cagar alam dan suaka margasatwa pada pemerintahan hindia belanda sejak tahun 1937. Baru pada tahun 1996, Tanjung Puting  ditunjuk sebagai Taman Nasional dengan luas lebih dari 400 ribu hektar.

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, dan di Kecamatan Hanau, Danau Sembuluh, dan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk mencapainya para penyasar yang berasal dari pulau jawa dapat menggunakan penerbangan langsung dari Jakarta ataupun dari Surabaya menuju ke Pangkalan Bun. Kemudian dari sana penyasar dapat melakukan perjalanan darat menuju ke pelabuhan Kumai yang merupakan titik masuk dari Taman Nasional ini. Atau para penyasar yang berasal dari Semarang dapat melakukan perjalanan melalui laut dengan menggunakan kapal laut yang langsung menuju ke Pelabuhan Kumai. Dari sana kemudian para penyasar akan berpindah transportasi ke kapal kayu, atau yang masyarakat lokal sebut sebagai klotok.

Nah, selain menjadi alat transportasi, kapal klotok ini juga yang nantinya akan menjadi akomodasi dari para penyasar yang berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting. Di dalam kapal kayu ini, para penyasar sudah tidak perlu khawatir untuk segala kebutuhan harian seperti makanan dan minuman karena semuanya sudah tersedia disini.

Kawasan Taman Nasional Tanjung dihuni oleh sekitar 38 jenis mamalia. Tujuh di antaranya adalah primata yang cukup dikenal dan dilindungi seperti orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus), bekantan (Nasalis larvatus), owa kalimantan (Hylobates agilis), dan beruang madu (Helarctos malayanus). Jenis-jenis mamalia besar seperti rusa sambar, kijang muncak (Muntiacus muntjak), pelanduk kancil (Tragulus javanicus), dan babi janggut (Sus barbatus) dapat dijumpai di kawasan ini. Bahkan, beberapa jenis mamalia air seperti duyung (Dugong dugong) dan lumba-lumba dilaporkan pernah terlihat di perairan sekitar kawasan Taman Nasional.Selain itu juga terdapat beberapa jenis reptilia seperti buaya sinyulong, buaya muara, labi – labi (sejenis bulus) dan ratusan jenis burung.

Tentunya kegiatan utama dalam kegiatan menyasar ke Tanjung Puting, adalah menikmati dan berinteraksi langsung dengan margasatwa liar yang berada di Taman Nasional ini. Yang terutama adalah Orang Utan. Para penyasar dapat menyaksikan langsung bagaimana konservasi orang utan di taman nasional Tanjung Putting, mulai dari pelatihannya, interaksi antar satwanya, tapi yang paling menarik adalah pada saat pemberian makan bagi para orang utan (feeding time). Pada saat feeding time ini, semua orang utan yang berada pada suatu daerah akan turun dan berkumpul menjadi satu disini seperti sebuah pesta makan untuk orang utan.

Ada tiga camp dimana terdapat feeding time yaitu Camp Tanjung Harapan, Camp Pondok Tanggui dan Camp Leakey. Ketiga camp tersebut memiliki raja orangutannya masing-masing dan besar kemungkinan saat feeding time ketiga raja tersebut akan muncul ke lokasi. Di setiap camp memiliki waktu yang berbeda untuk feeding time jadi para penyasar tak perlu takut untuk ketinggalan feeding time di camp lain.

Selain itu ada beberapa kegiatan yang menarik yang dapat dilalukan di Taman Nasional ini. Seperti :

  1. Menyusuri Sungai Sekoler dengan kapal Klotok

Semua aktivitas harian akan dilakukan di dalam klotok tapi jangan takut karena klotok yang berada di taman nasional Tanjung Puting sudah di fasilitasi lengkap dengan kamar mandi, meja makan dan juga kasur untuk beristirahat. Klotok di sini bermacam-macam ada yang berukuran besar untuk menampung hingga 20 penyasar hingga yang hanya berkapasitas untuk 2 orang. Dengan menggunakan klotok para penyasar akan menyusuri Sungai Sekonyer yang berada di dalam taman nasional.

Salah satu yang luar biasa adalah ketika menikmati senja sambil bersantap malam sajian khas daerah Kalimantan dari kapal klotok.

 

  1. Bermain di Pantai Desa Tanjung Harapan

Banyak yang mengira Tanjung Harapan adalah sebuah tanjung berbatu yang berada di Afrika Selatan. Tanjung Harapan yang ada di Taman Nasinonal Tanjung Puting ini merupakan sebuah desa dengan pantai pasir putih yang sangat indah. Desa ini bersebelahan dengan Camp Tanjung harapan, jadi akan sangat nyaman bagi para penyasar yang ingin menikmati feeding time di Camp Tanjung Harapan untuk menghabiskan waktunya di desa ini.

Penduduknya mayoritas adalah nelayan, jadi tak heran tentunya akan sangat banyak ditemukan hasil laut yang masih fresh. Biasanya para penduduk juga akan menawarkan hasil olahan lautnya untuk dijadikan masakan yang tentunya nikmat sekali.

 

  1. Menikmati keunikan kali hitam dan bermain sampan.

Di  Camp Leakey penyasar akan melihat perubahan warna air sungai dari warna coklat ke warna hitam. Warna hitam itu hadir karena terbawa dari warna akar pepohonan padahal jika diperhatikan warna airnya sesungguhnya sangat jernih sehingga kita bisa melihat apa yang ada dibalik air tersebut. Nah disini para penyasar dapat meminjam sampan dari penduduk sekitar untuk sekedar bermain sampan di air yang jernih ini. Tentunya dengan sedikit berhati – hati mengingat di sekitarnya masih terdapat buaya muara yang besarnya bisa mencapai 3,5 meter.

 

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan sebuah obyek wisata unggulan Indonesia dengan keunikan yang luar biasa. Selain keindahan alamnya ditambah dengan keunikan margasatwanya, sebenarnya sangat menarik untuk dikunjungi. Namun entah mengapa ketika berkunjung kesini, para penyasar lokal amatlah sangat jarang di temui. Kebanyakan adalah para penyasar luar negeri yang tertarik dengan keunikan tempat ini.

Apakah karena tidak ada mall dan bioskop ya? atau takut tergigit nyamuk? Ah entahlah, mungkin memang terkadang hal biasa bagi kita adalah suatu hal yang berharga bagi orang lain. Hummmmm… entahlah..

 

Contact

Contact
  • Address
    Teluk Pulai, Kumai, West Kotawaringin Regency, Central Kalimantan 74181
  • Category
    Alam Perawan
  • Location
    Kalimantan
  • Tags
    bekatan, camp leakey, Indonesia, kalimantan, kalimantan tengah, liar, orangutan, pantai, satwa, sungai, sungai hitam, Taman, taman nasional, tanjung harapan, tanjung puting, wisata

Informasi tambahan

Informasi tambahan
  • Jam Buka
    24 jam
  • Harga
    -
  • Patokan Terdekat
    pangkalan bun
  • Koneksi Internet
    mistis
  • Situasi
    alami

Location

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah
Get directions

Contact

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah
  • By Denny Tamtama
  • Email: opleh@hotmail.com

Ratings

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Apa Kata Mereka

0

0 Total
Review dan rating merupakan penilaian subjektif.
Tim Suka Nyasar tidak melakukan review eksklusif dan sepihak.
Pelayanan
0.0%
Lokasi
0.0%
Kualitas
0.0%
Fasilitas
0.0%
Tingkat Kesulitan
0.0%