Weekend event, Sam Poo Kong Semarang

Barongsai
Jul 09 2018

Weekend event, Sam Poo Kong Semarang

Masih dari semarang, kemarin sabtu tanggal 7  sampai minggu 8 juli 2018 ada weekend event lho di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang. Ada Bazaar kuliner, Barongsai, dan Keroncong. Sayangnya saya sendiri cuma bisa dapet foto yang barongsainya doang. Bazaarnya sebenernya cukup meriah, banyak stand makanan dan minuman yang bisa dijumpai, tapi karena waktunya mepet jadi ga sempet cobain deh. hehe..

Barongsai Barongsai - Sukanyasar.com festival BarongsaiBarongsai - Sukanyasar

Ngomong-ngomong soal barongsai nih, pasti udah ga asing ya sama salah satu kesenian asal negeri tirai bambu ini. Kesenian yang berupa tarian orang yang menggunakan kostum Singa ini sering banget menghiasi event-event maupun festival kebudayaan terutama ketika mendekati tahun baru imlek.

Klenteng Sam Poo Kong pun kemarin bener-bener ramai gara-gara weekend event ini. Kebanyakan pengunjung mengunjungi tempat ini untuk rekreasi bersama keluarga, sehingga kemarin ketika ada event pengunjung memenuhi bagian depan lapangan Sam Poo Kong, karena bazaar dan barongsainya digelar disini. Beberapa pengunjung juga terlihat memutari komplek tempat ibadah ini karena pesona bangunannya yang terlihat megah dan indah. Disini juga menyediakan sewa baju tradisional ala negeri tirai bambu lho, terlihat kemarin ada satu keluarga yang sepertinya sedang foto keluarga dengan baju ini.

Kostum China - Sukanyasar

Saya sendiri memilih berkeliling memutari kompleks Klenteng ini karena memang baru sekali memasuki kawasan ini..hehe.. Kagum juga saya dengan keindahan bangunan dan konsep bangunannya. Semuanya terlihat asing tapi sungguh indah dipandang, nuansa merahnya benar-benar kental disini, setiap bangunan memiliki warna dasar merah. Menyala banget warna ini ketika digunakan sebagai latar belakang foto. Indah dan mempesona.

Klenteng sam Poo Kong - sukanyasar Klenteng sam Poo Kong - sukanyasar Klenteng sam Poo Kong - sukanyasar Klenteng sam Poo Kong - sukanyasar

Banyak tempat ibadah di Semarang yang sekaligus bisa digunakan sebagai wisata religi maupun wisata keluarga. Sam poo kong hanyalah salah satunya, masih ada vihara buddhagaya watugong dengan pagoda avalokitesvaranya yang megah, juga ada gereja blenduk di kota lama semarang. Semua tempat ini dibuka sebagai tempat rekreasi juga karena memang pesona bangunannya yang unik dan menarik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.